PENGARUH MEDIA PERMAINAN KARTU KLASIFIKASI BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM BABURROHMAH MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO

Penulis

  • Mohammad Hadi Syifa
  • Yulia Dewi Puspitasari
  • Hendrik Pratama

Kata Kunci:

Permainan Kartu Klasifikasi, Peta Konsep, Hasil belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar materi klasifikasi makhluk hidup sebelum mengunakan media permainan kartu klasifikasi berbasis peta konsep pada peserta didik kelas VII SMP Islam Baburrohmah Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) untuk mengetahui hasil belajar materi klasifikasi makhluk hidup sesudah mengunakan media permainan kartu klasifikasi berbasis peta konsep pada peserta didik kelas VII SMP Islam Baburrohmah Tahun Pelajaran 2022/2023, 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media Permainan Kartu Klasifikasi Berbasis Peta Konsep peserta didik kelas VII SMP Islam Baburrohmah Tahun Pelajaran 2022/2023.

Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan model One Group Pretest Posttest Design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Islam Baburrohamh Mojosari Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi penelitian yaitu kelas VIII sebanyak 66 siswa tanpa adanya sampel dikarenakan jumlah kurang dari 100, Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah N-gain dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media permainan kartu klasifikasi berbasis peta konsep pada mata pelajaran IPA materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Islam Baburrohmah Mojosari Tahun Pelajaran 2022/2024. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya selisih nilai rata- rata antara pretest dan posttest (Gain d) yaitu 46,06 dan nilai thitung 38.20 yang berarti lebih besar dari nilai ttabel = 1.67.

Referensi

Andrini, V.S. 2021. Efektifitas Model Pembelajaran Team Quiz Menggunakan Media Zoom Meting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Nganjuk:STKIP PGRI Nganjuk.Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1).(Online),tersedia: http://journal.upris.ac.id (diakses pada 04 2022)

A.H Hujair Sanaky. (2009). Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Amalia Rezeki. (2011). Penggunaan Peta Konsep Untuk Meningkatkan

Pemahaman Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 8 Banjarmasin Pada Konsep Hewan Invertebrata. Jurnal Wahana-Bio. Vol. VI, Desember.’

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Musyrifah. (2014). Pengaruh Penerapan Peta Konsep Berbasis IT Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pamboang pada Materi Sel. Jurnal Bionature, Vol.15, No.1

Prasetyo, Dwi Sunar. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think Jogjakarta.

Pramesti. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Konsep dan Metode

Pembelajaran Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa SMP Negeri 9 Purworejo Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Radiasi. Vol.6, No.1

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-15

Cara Mengutip

Hadi Syifa, M. ., Yulia Dewi Puspitasari, & Hendrik Pratama. (2024). PENGARUH MEDIA PERMAINAN KARTU KLASIFIKASI BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM BABURROHMAH MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO . Dharma Pendidikan, 19(2), 176-186. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/493