IMPLEMENTASI ADEBA (ALAT DETEKSI BANJIR) SEBAGAI UPAYA DINI SIAGA BENCANA

Authors

  • Noventy Prasetyaningsih

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v19i2.486

Keywords:

ADEBA, SIAGA BENCANA BANJIR, Media pembelajaran

Abstract

Praktik Baik ini bertujuan untuk (1) Merencanakan pemrograman, (2)Mengimplementasikan ADEBA (Alat Deteksi Banjir) pada Kompetensi Dasar Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler siswa kelas XI TAV 1 di SMKN 1 Lengkong sebagai Upaya Dini Siaga Bencana. Bencana Banjir yang sering terjadi pada musim penghujan perlu sebuah alat sebagai pendeteksi dini sebelum terjadi bencana banjir di daerah rawan banjir. Praktik baik ini mempermudah siswa dalam mempelajari materi Pemrograman Mikrokontroler Arduino Uno. ADEBA (Alat Deteksi Banjir) merupakan sebuah alat berbasis Arduino Uno yang diprogram sedemikian rupa sehingga dapat menampilkan volume air pada posisi Aman, Siaga dan Bahaya. Dengan dilengkapi peringatan berupa lampu indikator, buzzer, LCD. Peringatan lampu dan LCD di tujukan bagi penderita tuna rungu sehingga bisa melihat jika debit air sudah memasuki aman, siaga, dan bahaya. Peringatan buzzer ditujukan bagu penderita tuna netra sehingga bisa mendengar tanda siaga dan bahaya. Hasil Praktik Baik Implementasi ADEBA (Alat Deteksi Banjir) menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Pemrograman Mikrokontroler Arduino Uno dengan perintah LED menyalakan lampu tanda, BUZZER membunyikan sirine tanda dan LCD mengeluarkan text. Pemrograman tersebut rata-rata dikuasai oleh 87 % siswa (2) Implementasi selama pembelajaran yang dikelola oleh guru memperoleh hasil 3,58 dikategorikan sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi ADEBA (Alat Deteksi Banjir) dapat menjadi salah satu alternatif sebagai deteksi dini siaga bencana. Yang digunakan dalam pembelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari.


This Good Practice is aimed to (1) Plan programming, (2) Implement ADEBA (Flood Detection Tool) in the Basic Competency of Microprocessor and Microcontroller Programming for class XI TAV 1 students at SMKN 1 Lengkong as an Early Disaster Preparedness Effort. Flood disasters that often occur in the rainy season require a tool as an early detection tool before a flood disaster occurs in flood-prone areas. This good practice makes it easier for students to learn Arduino Uno Microcontroller Programming material. ADEBA (Flood Detection Tool) is an Arduino Uno-based tool that is programmed in such a way that it can display the volume of water in the Safe, Alert and Danger positions. Equipped with warnings in the form of indicator lights, buzzers, LCD. The warning lights and LCD are intended for hearing impaired people so they can see if the water flow has entered safe, alert and dangerous. The buzzer warning is intended for blind people so they can hear alerts and danger signs. The results of Good Practice Implementation of ADEBA (Flood Detection Tool) show that (1) Arduino Uno Microcontroller Programming Planning with the LED command turns on the warning light, the BUZZER sounds the warning siren and the LCD displays text. On average, 87% of students mastered this programming. (2) Implementation during learning managed by the teacher obtained a result of 3.58 which was categorized as very good. It can be concluded that the implementation of ADEBA (Flood Detection Tool) can be an alternative for early detection of disaster preparedness. Which are used in learning and in everyday life.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriana, J., dan Fitriani, A. 2016. “Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Kreativitas Siswa Ditinjau Dari Gender”. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2): 202–212. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Aqib. 2013. Model-Model, Media, dan strategi Pembelajaran Kontekstual (INOVATIF). Bandung:Yarma Widia.

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Bayindir, N., dan Inan, H. Z. 2008. “Theory into practice: Examination of teacher practices in supporting children’s creativity and creative thinking”. Ozean Journal of Social Science, 1(1).

Hari Santoso. 2015. Panduan Praktis Arduino Uno untuk Pemula. www.elangsakti.com

Kishan Kumar Ganguly, Nadia Nahar, B M Mainul Hossain. 2018. A Machine Learning-Based Prediction and Analysis of Flood Affected Households: A Case Study of Floods in BangladeshInternational. Journal of Disaster Risk Reductio. 1-42

Kurniawan, L, dkk. 2011. Metode Pembelajaran Matematika Pembelajaran Berbasis Proyek Jurusan Pendidikan Matematika. FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Made Wena, 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer : Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara

Muh. Rais, 2010. Project Based Learning : Inovasi Pembelajaran Yang Berbasis Soft skill. Surabaya : Unesa

Mulyanto, Nunus Ario Parikesit, Hariyono Utomo. 2012. Petunjuk Tindakan dan Sistem Mitigasi Banjir Bandang. Semarang : Dinas Pekerjaan Umum.Rahardi, Aristo. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasionall.

Yaln Klç Türel, Cihad Demirli. 2010. Instructional Interactive Whiteboard Materials: Designers’ Perspectives. Social and Behavioral Sciences. 9 Pg 1437–1442. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.346

Yaumi Muhammad. 2012. Buku Daras Desain Pembelajaran Efektif. Makassar: Alauddin Universitas Press.

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Prasetyaningsih, N. . (2023). IMPLEMENTASI ADEBA (ALAT DETEKSI BANJIR) SEBAGAI UPAYA DINI SIAGA BENCANA. Dharma Pendidikan, 18(2), 78–94. https://doi.org/10.69866/dp.v19i2.486