Penerapan Discovery Learning Kombinasi Media Trasi Sele (TRAiner reSIstor Seri paraLEl) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Listrik Dan Elektronika SMKN 1 Lengkong

Penulis

  • Noventy Prasetyaningsih

Kata Kunci:

Trasi Sele, Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan (1) Penerapan Media “TRASI SELE” (TRAiner ReSIStor SEri paraLEl ) pada kompetensi Dasar Listrik dan Elektronika untuk kelas X TAV SMKN 1 Lengkong  (2) Penerapan Media TRASI SELE  (TRAiner reSIstor Seri paraLEl) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi Dasar Listrik dan Elektronika di kelas X TAV SMKN 1 Lengkong.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan sebanyak 2 putaran yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X TAV SMKN 1 Lengkong setelah penerapan media TRASI SELE  (TRAiner reSIstor Seri paraLEl) dengan metode pembelajaran Discovery Learning.pada kompetensi Dasar Listrik dan Elektronika. Media pembelajaran TRASI SELE  (TRAiner reSIstor Seri paraLEl) dibuat khusus untuk siswa agar mudah dalam belajar pembacaan resistor dengan praktek langsung dan melakukan pegukuran menggunakan AVO meter. Dengan penggunaan media ini pembelajaran bersifat student centre dimana siswa berperan aktif dengan guru hanya sebagai fasilitator. Metode Pembelajaran yang digunakan adalah Discovery Learning sangat sesuai dengan pemakaian media. Penyampaian materi menjadi tidak monoton dan dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar. Dengan media pembelajaran TRASI SELE  (TRAiner reSIstor Seri paraLEl) membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat serta gembira dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Hasil penelitian pada putaran I, II menunjukkan bahwa (1) Penerapan Media TRASI SELE  (TRAiner reSIstor Seri paraLEl) dengan metode pembelajaran Discovery Learning.pada kompetensi Dasar Listrik dan Elektronika. sangat mudah dilakukan dan anak-anak tertarik serta antusias di karenakan media sangat mudah di praktekan dan mampu meningkatkan pemahaman siswa (2) Penilaian hasil belajar siswa pada penelitian ini berupa post test. Hasil belajar klasikal pada setiap putaran sebesar 78,57 % dan 81,25%, Sehingga menunjukkan bahwa dengan penerapan Media TRASI SELE  (TRAiner reSIstor Seri paraLEl)  dengan metode pembelajaran Discovery Learning.pada kompetensi Dasar Listrik dan Elektronika mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Referensi

Morison, Ross, Kemp. 2001. Design Effective Instruction. New York : John Wiley & Sons Inc.

Takdir Illahi, Mohammad. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Xiu-Ping Yang, Xue-Xin Liu, Yue-Hong Guo, Shou-Jun Wang. 2012. Optimization and Application of Multimedia Teaching Means of Specialized Courses in Engineering. Energy Procedia 17. 1878-1884

Yaln Klç Türel, Cihad Demirli. 2010. Instructional Interactive Whiteboard Materials: Designers’ Perspectives. Social and Behavioral Sciences. 9 Pg 1437–1442.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-07

Cara Mengutip

Prasetyaningsih, N. . (2023). Penerapan Discovery Learning Kombinasi Media Trasi Sele (TRAiner reSIstor Seri paraLEl) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Listrik Dan Elektronika SMKN 1 Lengkong. Dharma Pendidikan, 17(2), 208 - 217. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/194