Penerapan Discovery Learning Kombinasi Media Trasi Sele (TRAiner reSIstor Seri paraLEl) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Listrik Dan Elektronika SMKN 1 Lengkong
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v17i2.194Keywords:
Trasi Sele, Discovery Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan (1) Penerapan Media “TRASI SELE” (TRAiner ReSIStor SEri paraLEl ) pada kompetensi Dasar Listrik dan Elektronika untuk kelas X TAV SMKN 1 Lengkong (2) Penerapan Media TRASI SELE (TRAiner reSIstor Seri paraLEl) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi Dasar Listrik dan Elektronika di kelas X TAV SMKN 1 Lengkong.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan sebanyak 2 putaran yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X TAV SMKN 1 Lengkong setelah penerapan media TRASI SELE (TRAiner reSIstor Seri paraLEl) dengan metode pembelajaran Discovery Learning.pada kompetensi Dasar Listrik dan Elektronika. Media pembelajaran TRASI SELE (TRAiner reSIstor Seri paraLEl) dibuat khusus untuk siswa agar mudah dalam belajar pembacaan resistor dengan praktek langsung dan melakukan pegukuran menggunakan AVO meter. Dengan penggunaan media ini pembelajaran bersifat student centre dimana siswa berperan aktif dengan guru hanya sebagai fasilitator. Metode Pembelajaran yang digunakan adalah Discovery Learning sangat sesuai dengan pemakaian media. Penyampaian materi menjadi tidak monoton dan dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar. Dengan media pembelajaran TRASI SELE (TRAiner reSIstor Seri paraLEl) membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat serta gembira dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
Hasil penelitian pada putaran I, II menunjukkan bahwa (1) Penerapan Media TRASI SELE (TRAiner reSIstor Seri paraLEl) dengan metode pembelajaran Discovery Learning.pada kompetensi Dasar Listrik dan Elektronika. sangat mudah dilakukan dan anak-anak tertarik serta antusias di karenakan media sangat mudah di praktekan dan mampu meningkatkan pemahaman siswa (2) Penilaian hasil belajar siswa pada penelitian ini berupa post test. Hasil belajar klasikal pada setiap putaran sebesar 78,57 % dan 81,25%, Sehingga menunjukkan bahwa dengan penerapan Media TRASI SELE (TRAiner reSIstor Seri paraLEl) dengan metode pembelajaran Discovery Learning.pada kompetensi Dasar Listrik dan Elektronika mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Morison, Ross, Kemp. 2001. Design Effective Instruction. New York : John Wiley & Sons Inc.
Takdir Illahi, Mohammad. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.
Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Xiu-Ping Yang, Xue-Xin Liu, Yue-Hong Guo, Shou-Jun Wang. 2012. Optimization and Application of Multimedia Teaching Means of Specialized Courses in Engineering. Energy Procedia 17. 1878-1884 DOI: https://doi.org/10.1016/j.egypro.2012.02.326
Yaln Klç Türel, Cihad Demirli. 2010. Instructional Interactive Whiteboard Materials: Designers’ Perspectives. Social and Behavioral Sciences. 9 Pg 1437–1442. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.346
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Noventy Prasetyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0