Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Tema 7 Sub Tema 2 Menggunakan Alat Peraga Konkrit Pada Siswa Kelas 1 SDN Sanggrahan 2

Penulis

  • Sumarni Sumarni

Kata Kunci:

Hasil Belajar Matematika, Media Pembelajaran, Konkrit

Abstrak

Seiring dengan perkembangan zaman, guru SD dituntut menjadi guru kelas dan harus menguasai semua mata pelajaran untuk diajarkan di kelas bagi peserta didik. Guru kelas, dengan perubahan kurikulum 2013, terutama guru kelas 1 dituntut untuk harus aktif dan kreatif. Namun, di SDN Sanggrahan 2 masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah standar KKM yang sudah ditetapkan oleh guru terutama pada KD. 3.3 terutama pada pelajaran matematika, dalam KD 3.3 materi yang dipelajari adalah membadingkan dua angka dengan istilah atau artinya kurang dari dan lebih dari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan alat peraga konkrit pada Tema 7 Sub Tema 2 pada pelajaran matematika siswa kelas 1 SDN Sanggrahan 2 Kecamatan Prambon.

Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan penelitian kualitatif, yang berlangsung selama 2 siklus yang melibatkan seluruh siswa kelas I SDN Sanggrahan 2 Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 20 siswa. Dengan tahapan pada setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Berdasarkan hasil penelitian, pada nilai pengetahuan jumlah keseluruhan pada siklus satu sebesar 1160 hasil tersebut naik sebesar 400 menjadi 1560, sedangkan rata-rata pada siklus 1 mendapatkan 58 naik menjadi 78 pada siklus 2, , yang mencapai KKM pada siklus 1 sebanyak 5 anak atau sebesar 25% naik menjadi 19 anak pada siklus 2 atau sebesar 95%. Pada nilai keterampilan juga mengalami kenaikan, pada kategori sangat baik di siklus 1 tidak ada anak yang mendapatkan, namun pada siklus 2 ada 2 anak yang mendapatkan kategori “sangat baik”, pada kategori “baik” siklus 1 ada 9 anak kemudian naik menjadi 18 anak pada siklus 2, pada kategori “kurang” siklus 1 ada 11 anak namun pada siklus 2 tidak ada anak yang mendapatkan kategori “kurang”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar selama proses pembelajaran matematika pada siswa kelas I SDN Sanggrahan 2 dengan menggunakan alat peraga konkrit.

Referensi

Wahyudin, dkk. 2017. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 2010. h. 59.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-07

Cara Mengutip

Sumarni, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Tema 7 Sub Tema 2 Menggunakan Alat Peraga Konkrit Pada Siswa Kelas 1 SDN Sanggrahan 2. Dharma Pendidikan, 17(2), 196 -. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/196