Efektivitas Penggunaan Media Jari Tangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Mekanisme Debet Kredit Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Pada Kelas X.111.2 SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019
Kata Kunci:
Media jari tangan, Mekanisme debet kreditAbstrak
Untuk mewujudkan tujuan pembelajaran terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan mampu memaksimalkan daya serap peserta didik terhadap materi pelajaran tersebut. Akan tetapi seorang guru juga harus mampu memilih media yang efektif. Demikian halnya dengan penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran Akuntansi Dasar khususnya materi mekanisme debet kredit ( aturan debet kredit ). Hal ini karena materi tersebut mempunyai peranan yang sangat penting dalam penanaman konsep dasar akuntansi dalam menyelesaikan siklus akuntansi, yaitu sebagai prasyarat dalam kegiatan pencatatan dokumen transaksi kedalam jurnalĀ dan pemindahbukuan dari jurnal ke buku besar ( posting ), sehingga siswa harus benar-benar menguasainya. Oleh karena itu penulis mencoba untuk menggunakan media yang sederhana, efektif dan melekat pada diri siswa yang berupa jari tangan untuk memudahkan siswa dalam penanaman konsep mekanisme debet kredit.
Referensi
Harti, Dwi. 2009. Akuntansi IA untuk SMK dan MAK. Jakarta : Erlangga.
Harti Dwi. 2018. Akuntansi Dasar C2 Untuk SMK/MAK Kelas X. Semarang : Erlangga.
Muarifin, Moch, dkk. 2011. Modul Media Pembelajaran. Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sucipto, Toto, dkk. 2006. Akuntansi IA Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Jakarta : Yudhistira
Suryanto. 2011. Modul Penelitian Tindakan Kelas. Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Nurani, Yuliani, dkk. 2003. Strategi pembelajaran Edisi kesatu : Universitas terbuka
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Dharma Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.