Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbasis Lesson Study Pada Mata Pelajaran Matematika Peminatan Kelas Xi Mipa 2 SMA N 1 Weru Sukoharjo Tahun Ajaran 2019/2020

Penulis

  • Adhitya Eko Cahya Putro
  • Herry Agus Susanto STKIP PGRI NGANJUK
  • Annisa Prima Exacta

Kata Kunci:

Keaktifan, Lesson Study, Prestasi Belajar, Two Stay Two Stray (TSTS)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Weru Sukoharjo Tahun Ajaran 2019/2020 melalui pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS)berbasis Lesson Study. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Weru yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis peningkatan keaktifan belajar siswa dan peningkatan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata keaktifan belajar siswa pada pra siklus 50,9%, pada siklus I 64,6%, dan pada siklus II 78,6%. Dalam pra siklus, nilai rata-rata kelas adalah 53,3. Pada siklus I menjadi 62,8 danĀ  76,8 pada siklus II. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pra siklus sebanyak 4 siswa (9,67%), pada siklus I menjadi 10 siswa (33,3%) dan pada siklus II menjadi 30 siswa (100%).

Referensi

Abizar, Hariz. 2017. Buku Master Lesson Study. Yogyakarta: DIVA Press

Firdawati, Intan, Wahyu Hidayat. 2018. Hubungan Antara Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smk. Jurnal Visipena Volume 9, Nomor 1. Hal 151-158

Gani, Marsita. 2015. Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study YangMenerapkan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Prosiding Seminar Nasional. ISSN 2443-1109. Vol. 02, No. 1. Hal 375-380

Harta, Juni, I Kethut Dharsana, Tagu Rendra. 2019. Pengaruh TSTS Melalui Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar llmu. ISSN: 1829-877X. Vol. 24, No. 1. Hal 95-104

Herawati. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Keliling Dan Luas Lingkaran Di Kelas Vi Sd Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Peluang. ISSN: 2302-5158. April 2015. Volume 3, Nomor 2, Hal 95-105.

Hidajat, Djatmiko, Dewi Susilowati, Andhika Ayu Wulandari. 2018. Pengaruh Penggunaan Miniatur Mobil Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. ISSN: 2541-0261. Vol. 03, No. 1. Hal 14-22

Hidajat, Djatmiko, Dewi Susilowati, Mei Wijayanti. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 3 Grogol Sukoharjo. Jurnal Educator Nusantara. Nopember 2015. Volume 01, No. 2, Hal 195-203.

Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya

Susanto, Dwijo. 2018. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Model Two Stay Two Stray Pada Siswa SMP. Jurnal pendidikan Surya Edukasi (JPSE). E-ISSN 2541-4070. Vol 04, No 1, Mei 2018. Hal 72-81.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-01

Cara Mengutip

Putro, A. E. C., Susanto, H. A., & Exacta, A. P. (2021). Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbasis Lesson Study Pada Mata Pelajaran Matematika Peminatan Kelas Xi Mipa 2 SMA N 1 Weru Sukoharjo Tahun Ajaran 2019/2020. Dharma Pendidikan, 14(1), 1 - 14. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/97