Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Dengan Model Student Fasilitator And Explaining Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017

Penulis

  • Lely Farida

Kata Kunci:

Pembelajaran Student Fasilitator And Explaining

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan metode Student Fasilitator And Explainig dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi di kelas X Akuntansi 2SMK PGRI 2 NGANJUK Tahun Pelajaran 2016/2017.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 2 SMK PGRI 2 NGANJUK yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini dilakukan dengan pemberian simulasi terlebih dahulu oleh peneliti kepada guru kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) identifikasi masalah, (2) persiapan, (3) penyusunan rencana tindakan, (4) implementasi tindakan, (5) pengamatan, dan (6) penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, masing-masing pertemuan selama 3 x 45 menit.

Berdasarkan analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Student Fasilitator And Explainig dapat meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi (baik proses maupun hasil).

Peningkatan tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya, antara lain: (1) Penerapan metode student fasilitator and expliaing dalam pembelajaran, (2) Guru membuat inovasi baru dalam menyampaikan pelajaran akuntansi, yaitu dengan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, (3) Guru terus memotivasi siswa dalam belajar melalui pelaksanaan diskusi dan presentasi sehingga siswa lebih menguasai materi dan tidak malu atau ragu untuk maju ke depan kelas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Student Fasilitator And Expliaing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi baik dari segi proses maupun hasil.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2002. Manajemen Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Agus Suprijono. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Alam.S. 2004. Akuntansi dan Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dinn Wahyudin. 2007. Dasar dan Konsep Pendidikan,Semarang: Aneka Ilmu

Martinis Yamin. 2006. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Jakarta: CV. Mandar Maju

Muhibbin Syah. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Puji Santosa dkk. 2005. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK Unnes

Rob Sims and Peter Demediuk. 1999. Effective Teaching, Evidence and Practice. London: Paul Chapman Publishing

Udin.S. Winataputra. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Tirto Nagoro, S. 2001. Psikologi Perkembangan. Semarang: UNNES Press

W.J.S Purwadarminto. 1987. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-01

Cara Mengutip

Farida, L. (2021). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Dengan Model Student Fasilitator And Explaining Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017. Dharma Pendidikan, 14(1), 28-41. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/88