Penerapan Model Pembelajaran Eksperimen Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Tema 6 Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Sumberurip Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020

Penulis

  • Supiyah Supiyah

Kata Kunci:

Keaktifan dan Hasil Belajar siswa, Model Pembelajaran Eksperimen

Abstrak

Kurangnya minat siswa kelas V SD Negeri 3 Sumberurip terhadap pembelajaran Tematik tema 6, model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, Model pembelajaran Eksperimen jarang digunakan dalam pembelajaran Tematik Tema 6 kelas V SDN 3 Sumberurip. Permasalahan ini menunjukkan perlunya dilakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran. Perbaikan pembelajaran dari yang membosankan menjadi menyenangkan bisa dilakukan dengan menggunakan model, pendekatan atau model pembelajaran yang memungkinkan siswa lebih aktif. Ada beberapa model yang dapat digunakan dalam pembelajaran Tematik, salah satunya adalah Eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Tema 6 dengan menerapkan model pembelajaran eksperimen pada siswa Kelas V SD Negeri 3 Sumberurip Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun setting penelitian ini adalah Siswa kelas V SD Negeri 3 Sumberurip  Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan waktu penelitian tanggal 9 Januari 2020 (Siklus I) dan tanggal 14 Januari 2020 (Siklus II), dan kesimpulan penelitian yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa tema 6 yaitu panas dan perpindahannya pada kelas V SD Negeri 3 Sumberurip mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan presentase keaktifan siswa dalam pembelajaran tematik sebelum tindakan memiliki presentase rata-rata 50,00%, pada tindakan siklus I meningkat menjadi 60,42%, dan pada tindakan siklus II meningkat lagi menjadi 83,33%.

Referensi

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa.Jakarta: Gaung Persada Press.

Masnur Muslich. (2009). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

M. Musfiqon., Nurdyansyah. N., 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia learning center.

Miftahul Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: pustaka belajar.

Mukhamad Murdiono. (2012). Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan Eksperimen .Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Munjih Nasir Ahmad.2009. Metode Dan Teknik Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Resfika Aditama.

Nurdyansyah. N., Andiek Widodo. 2015. Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia learning center.

Oemar Hamalik. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Pardjono, dkk. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Roestiyah. 1998. Straregi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rineka Cipta.

________. (2007). ProsedurPenelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

UdinWinataputra. (2009). Pembelajaran Tematik di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-08

Cara Mengutip

Supiyah, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Eksperimen Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Tema 6 Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Sumberurip Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Dharma Pendidikan, 15(1), 101-111. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/80