Penerapan Model Pembelajaran Eksperimen Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Tema 6 Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Sumberurip Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v15i1.80Keywords:
Keaktifan dan Hasil Belajar siswa, Model Pembelajaran EksperimenAbstract
Kurangnya minat siswa kelas V SD Negeri 3 Sumberurip terhadap pembelajaran Tematik tema 6, model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, Model pembelajaran Eksperimen jarang digunakan dalam pembelajaran Tematik Tema 6 kelas V SDN 3 Sumberurip. Permasalahan ini menunjukkan perlunya dilakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran. Perbaikan pembelajaran dari yang membosankan menjadi menyenangkan bisa dilakukan dengan menggunakan model, pendekatan atau model pembelajaran yang memungkinkan siswa lebih aktif. Ada beberapa model yang dapat digunakan dalam pembelajaran Tematik, salah satunya adalah Eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Tema 6 dengan menerapkan model pembelajaran eksperimen pada siswa Kelas V SD Negeri 3 Sumberurip Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun setting penelitian ini adalah Siswa kelas V SD Negeri 3 Sumberurip Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan waktu penelitian tanggal 9 Januari 2020 (Siklus I) dan tanggal 14 Januari 2020 (Siklus II), dan kesimpulan penelitian yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa tema 6 yaitu panas dan perpindahannya pada kelas V SD Negeri 3 Sumberurip mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan presentase keaktifan siswa dalam pembelajaran tematik sebelum tindakan memiliki presentase rata-rata 50,00%, pada tindakan siklus I meningkat menjadi 60,42%, dan pada tindakan siklus II meningkat lagi menjadi 83,33%.
Downloads
References
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa.Jakarta: Gaung Persada Press.
Masnur Muslich. (2009). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
M. Musfiqon., Nurdyansyah. N., 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia learning center.
Miftahul Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: pustaka belajar.
Mukhamad Murdiono. (2012). Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan Eksperimen .Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Munjih Nasir Ahmad.2009. Metode Dan Teknik Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Resfika Aditama.
Nurdyansyah. N., Andiek Widodo. 2015. Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia learning center.
Oemar Hamalik. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Pardjono, dkk. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
Roestiyah. 1998. Straregi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rineka Cipta.
________. (2007). ProsedurPenelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
UdinWinataputra. (2009). Pembelajaran Tematik di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Supiyah Supiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0