Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menendang Bola Menggunakan Kaki Bagian Dalam Melalui Media Bola Plastik Lapis Spon Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020

Penulis

  • sunarji

Kata Kunci:

bola plastik lapis spon, media, menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, Peningkatan hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menendang bola menggunakan kaki bagian dalam melalui media bola plastik lapis spon dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Nganjuk pada tahun pelajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian kemampuan menendang bola menggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif yang didasarkan pada prosentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran dengan media bola plastik lapis spon sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar menendang bola menggunakan kaki bagian dalam pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan dariĀ  hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar menendang bola menggunakan kaki bagian dalam sebelum adanya pembelajaran ini yaitu 11 siswa tuntas belajar (34,36%), pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa tuntas belajar (56,25%) dan pada siklus II juga meningkat menjadi 29 siswa tuntas belajar (90,63%).

Referensi

Agus Kristiyanto, 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga. UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Arsyad, Azhar. 2005, Media Pembelajaran,ed. I, cet. 6, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dimyati, & Mudjiono, 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Kemdikbud 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, 2017. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-08

Cara Mengutip

sunarji. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menendang Bola Menggunakan Kaki Bagian Dalam Melalui Media Bola Plastik Lapis Spon Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Dharma Pendidikan, 15(1), 90-100. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/77