PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (KE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR (GB) SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Muhamad Safa'udin Universitas Islam Tribakti Kediri
  • Lina Rihatul Hima Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.521

Keywords:

kecerdasan emosional,, prestasi belajar matematika, gaya belajar, variabel moderasi

Abstract

Abstrak—Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh kecerdasan emosional (KE) terhadap prestasi belajar matematika dengan gaya belajar (GB) sebagai variabel moderasi. Menggunakan metode kuantitatif dan desain analisis variansi (ANOVA), penelitian ini melibatkan 54 siswa kelas XI di SMK Al Huda, Kediri. Data dikumpulkan melalui kuesioner kecerdasan emosional dan gaya belajar, serta tes prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika berdasarkan tingkat kecerdasan emosional, namun tidak ada perbedaan signifikan berdasarkan gaya belajar. Interaksi antara kecerdasan emosional dan gaya belajar juga tidak mempengaruhi prestasi belajar matematika. Kesimpulannya, kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika, sementara gaya belajar tidak menunjukkan efek moderasi yang signifikan. Temuan ini menyarankan pentingnya memperhatikan kecerdasan emosional dalam proses pembelajaran serta mempertimbangkan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Kata Kunci— kecerdasan emosional, prestasi belajar matematika, gaya belajar, variabel moderasi

Abstract—This study explores the influence of emotional intelligence (EI) on mathematics learning achievement with learning styles (LS) as a moderating variable. Using quantitative methods and analysis of variance (ANOVA) design, the study involved 54 eleventh-grade students at SMK Al Huda, Kediri. Data were collected through questionnaires on emotional intelligence and learning styles, as well as mathematics achievement tests. The results indicate that there are differences in mathematics learning achievement based on levels of emotional intelligence, but no significant differences based on learning styles. The interaction between emotional intelligence and learning styles also does not affect mathematics learning achievement. In conclusion, emotional intelligence has a positive effect on mathematics learning achievement, while learning styles do not show a significant moderating effect. These findings suggest the importance of considering emotional intelligence in the learning process and taking into account internal and external factors that influence student achievement.

Keywords emotional intelligence, mathematics learning achievement, learning styles, moderating variable

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Budiono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press

Fauziah. 2015. Hubungan KecerdasanEmosional Dengan Prestasi BelajarMahasiswa Semester II BimbinganKonseling UIN AR-RANIRY. UINAR-RANIRY: Jurnal PenelitianPendidikan. Vol.01, No.01.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Maskar, S. & Dewi, P. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dan MA Darur Ridho Al-Irsyad Al Islamiyah Pada pembelajaran Daring Melalui Modle. Journal Of Social Science and Technology For Community Service (JSSTCS). 2(1). 1-10.

Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta:

PT. Bumi Aksara.

Patimah, Siti. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa.(Skripsi sarjana, UIN Mataram)

Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Presepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI). 3(36). 703-712.

Rafika Dewi Satriani. 2015.PengaruhKecerdasan Emosi Terhadap PrestasiBelajar Matematika Siswa Kelas V diSD Negeri Rejowinangun IYogyakarta. Skripsi, Fakultas IlmuPendidikan Universitas NegeriYogyakarta.

Uno, Hamzah B. 2016. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Muhamad Safa’udin, & Lina Rihatul Hima. (2024). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (KE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR (GB) SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Dharma Pendidikan, 20(1), 90–98. https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.521