PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (KE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR (GB) SEBAGAI VARIABEL MODERASI
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.521Keywords:
kecerdasan emosional,, prestasi belajar matematika, gaya belajar, variabel moderasiAbstract
Abstrak—Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh kecerdasan emosional (KE) terhadap prestasi belajar matematika dengan gaya belajar (GB) sebagai variabel moderasi. Menggunakan metode kuantitatif dan desain analisis variansi (ANOVA), penelitian ini melibatkan 54 siswa kelas XI di SMK Al Huda, Kediri. Data dikumpulkan melalui kuesioner kecerdasan emosional dan gaya belajar, serta tes prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika berdasarkan tingkat kecerdasan emosional, namun tidak ada perbedaan signifikan berdasarkan gaya belajar. Interaksi antara kecerdasan emosional dan gaya belajar juga tidak mempengaruhi prestasi belajar matematika. Kesimpulannya, kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika, sementara gaya belajar tidak menunjukkan efek moderasi yang signifikan. Temuan ini menyarankan pentingnya memperhatikan kecerdasan emosional dalam proses pembelajaran serta mempertimbangkan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Kata Kunci— kecerdasan emosional, prestasi belajar matematika, gaya belajar, variabel moderasi
Abstract—This study explores the influence of emotional intelligence (EI) on mathematics learning achievement with learning styles (LS) as a moderating variable. Using quantitative methods and analysis of variance (ANOVA) design, the study involved 54 eleventh-grade students at SMK Al Huda, Kediri. Data were collected through questionnaires on emotional intelligence and learning styles, as well as mathematics achievement tests. The results indicate that there are differences in mathematics learning achievement based on levels of emotional intelligence, but no significant differences based on learning styles. The interaction between emotional intelligence and learning styles also does not affect mathematics learning achievement. In conclusion, emotional intelligence has a positive effect on mathematics learning achievement, while learning styles do not show a significant moderating effect. These findings suggest the importance of considering emotional intelligence in the learning process and taking into account internal and external factors that influence student achievement.
Keywords— emotional intelligence, mathematics learning achievement, learning styles, moderating variable
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Budiono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press
Fauziah. 2015. Hubungan KecerdasanEmosional Dengan Prestasi BelajarMahasiswa Semester II BimbinganKonseling UIN AR-RANIRY. UINAR-RANIRY: Jurnal PenelitianPendidikan. Vol.01, No.01. DOI: https://doi.org/10.22373/je.v1i1.320
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Maskar, S. & Dewi, P. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dan MA Darur Ridho Al-Irsyad Al Islamiyah Pada pembelajaran Daring Melalui Modle. Journal Of Social Science and Technology For Community Service (JSSTCS). 2(1). 1-10. DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.875
Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta:
PT. Bumi Aksara.
Patimah, Siti. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa.(Skripsi sarjana, UIN Mataram)
Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Presepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI). 3(36). 703-712.
Rafika Dewi Satriani. 2015.PengaruhKecerdasan Emosi Terhadap PrestasiBelajar Matematika Siswa Kelas V diSD Negeri Rejowinangun IYogyakarta. Skripsi, Fakultas IlmuPendidikan Universitas NegeriYogyakarta.
Uno, Hamzah B. 2016. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhamad Safa'udin, Lina Rihatul Hima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0