MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA-1 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017-2018 SMA DIPONEGORO NGANJUK PADA KONSEP ELASTISITAS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEDERHANA
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v18i1.484Keywords:
Hasil Belajar Fisika, Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Alat Peraga SederhanaAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas XI IPA-1 SMA Diponegoro Nganjuk Semester Ganjil tahun pelajaran 2017-2018 pada Konsep Elastisitas dengan penggunaan alat peraga sederhana. Pembelajaran ini dikembangkan melalui 2 (dua) siklus tindakan dengan fokus utama pembelajaran dengan kegiatan eksperimen dan presentasi/diskusi. Penerapan pendekatan pembelajaran dengan bantuan alat peraga sederhana ini menghasilkan satu perubahan sikap siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran yang diikuti meningkatnya nilai hasil belajar mereka dengan ketuntasan belajar yang optimal. Hasil prestasi belajar siswa sebelum tindakan sebesar 53,57 % dan setelah tindakan meningkat menjadi 78,57 %. Hal ini juga telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebesar 75 % .Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini disarankan di atas: 1) Guru hendaknya menerapkan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan siswa untuk memotivasi siswa agar aktif dalam pembelajaran fisika. (2) Guru fisika hendaknya membangun pengetahuan khususnya mata pelajaran fisika dari konsep abstrak menjadi lebih riil dengan sering melakukan eksperimen, terutama dengan menggunakan alat peraga sederhana yang mudah difahami dan dinalar oleh siswa
Downloads
References
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2004. Panduan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.
Tim Penyusun KTSP SMA Diponegoro Nganjuk. 2007. Pedoman Pelaksanaan KTSP. Nganjuk: SMA Diponegoro Nganjuk.
Ekohariadi. 2002. Modalitas Majemuk Pada Pembelajaran Kontekstual. Surabaya: Diijen Pendidikan Dasar dan Menengah. PPS Universitas Negeri Surabaya.
Gerrad, A. dan Nurhadi. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning / dan Penerapannya dalan KBK. Malang: UMN.
Halliday & Resnick. 1996. Fisika. Jilid 2. (Diterjemahkan Pantur Silaban & Erwin Sucipto). Edisi ketiga. Jakarta: Erlangga.
Tim Penyusun PT Intan Pariwara. 2016. Fisika SMU. Klaten: PT Intan Pariwara
Drs. Nur Komarudin, Dkk,2005, Fisika 2 Kelas XI SMA, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Purwoko, Fendi 2015, SMA Fisika 2 Kelas XI, Bogor: Yudhistira
Tim Penyusun, Buku Penuntun Belajar Fisika 3a, Untuk SMA/MA, Sagufindo Kinarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Maisaroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0