MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA-1 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017-2018 SMA DIPONEGORO NGANJUK PADA KONSEP ELASTISITAS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEDERHANA

Penulis

  • Siti Maisaroh

Kata Kunci:

Hasil Belajar Fisika, Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Alat Peraga Sederhana

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas XI IPA-1 SMA Diponegoro Nganjuk Semester Ganjil tahun pelajaran 2017-2018 pada Konsep Elastisitas dengan penggunaan alat peraga sederhana. Pembelajaran ini dikembangkan melalui 2 (dua) siklus tindakan dengan fokus utama pembelajaran dengan kegiatan eksperimen dan presentasi/diskusi. Penerapan pendekatan pembelajaran dengan bantuan alat peraga sederhana ini menghasilkan satu perubahan sikap siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran yang diikuti meningkatnya nilai hasil belajar mereka dengan ketuntasan belajar yang optimal. Hasil prestasi belajar siswa sebelum tindakan sebesar 53,57 % dan setelah tindakan meningkat menjadi 78,57 %. Hal ini juga telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebesar 75 % .Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini disarankan di atas: 1) Guru hendaknya menerapkan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan siswa untuk memotivasi siswa agar aktif dalam pembelajaran fisika. (2) Guru fisika hendaknya membangun pengetahuan khususnya mata pelajaran fisika dari konsep abstrak menjadi lebih riil dengan sering melakukan eksperimen, terutama dengan menggunakan alat peraga sederhana yang mudah difahami dan dinalar oleh siswa

Referensi

Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2004. Panduan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Tim Penyusun KTSP SMA Diponegoro Nganjuk. 2007. Pedoman Pelaksanaan KTSP. Nganjuk: SMA Diponegoro Nganjuk.

Ekohariadi. 2002. Modalitas Majemuk Pada Pembelajaran Kontekstual. Surabaya: Diijen Pendidikan Dasar dan Menengah. PPS Universitas Negeri Surabaya.

Gerrad, A. dan Nurhadi. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning / dan Penerapannya dalan KBK. Malang: UMN.

Halliday & Resnick. 1996. Fisika. Jilid 2. (Diterjemahkan Pantur Silaban & Erwin Sucipto). Edisi ketiga. Jakarta: Erlangga.

Tim Penyusun PT Intan Pariwara. 2016. Fisika SMU. Klaten: PT Intan Pariwara

Drs. Nur Komarudin, Dkk,2005, Fisika 2 Kelas XI SMA, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Purwoko, Fendi 2015, SMA Fisika 2 Kelas XI, Bogor: Yudhistira

Tim Penyusun, Buku Penuntun Belajar Fisika 3a, Untuk SMA/MA, Sagufindo Kinarya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-05

Cara Mengutip

Maisaroh, S. . (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA-1 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017-2018 SMA DIPONEGORO NGANJUK PADA KONSEP ELASTISITAS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEDERHANA. Dharma Pendidikan, 18(1), 88 - 97. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/484