PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBASIS EMPATI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII SMPN 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Finna Puspita Indah Sari

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v18i1.483

Keywords:

berbasis empati, pembentukan karakter

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pembelajaran daring berbasis empati yang dilaksanakan pada mata Pelajaran PKN kelas VII SMPN 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran PKN Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran daring berbasis empati terhadap pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran PKN Kelas VII SMPN 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional untuk menguji hubungan antara dua variabel. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Rejoso Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 288 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran daring berbasis empati yang dilaksanakan pada mata Pelajaran PKN kelas VII SMPN 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022 dari keseluruhan responden termasuk kategori baik. 2) Pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran PKN Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat disimpulkan bahwa termasuk kategori baik. 3) Dari hasil analisis korelasi product moment dapat diketahui korelasi yang sedang yaitu sebesar 0,5429 bernilai positif, sehingga terdapat pengaruh pembelajaran daring berbasis empati terhadap pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran PKN Kelas VII SMPN 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Berarti bahwa jika pembelajaran daing berbasis empati mengalami ditingkatkan maka pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 akan mengalami kenaikan juga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, & Sofyana. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(1), , 81–86. DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Anjarwati, Dini., Vera Septi Andrini dan Hariyono. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Melalui Zoom Cloud Meeting Pada Materi Teorema Pythagoras Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Nganjuk Tahun 2020/2021. Jurnal Dharma Pendidikan Volume 17, Nomor 1. STKIP PGRI Nganjuk. P-ISSN: 1907-281395-103.

Arifin, B., & Rusdiana. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bintari, R. H., & Khotimah, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Aud Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kumara Cendekia Vol. 9 No. 3, 182-192. DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.54009

Fathoni, A. (2006). Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Jakni. (2016). Metode Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kariadi, D. (2017). Menciptakan Generasi Yang Berwawasan Global Berkarakter Lokal Melalui Harmonisasi Nilai Kosmopolitan dan Nasionalisme Dalam Pembelajaran PKn. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 1 No. 2, 28-42. DOI: https://doi.org/10.24269/v2.n1.2017.23-34

Kemdikbud, P. (2020). SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9). Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Https://Pusdiklat.Kemdikbud.Go.Id. DOI: https://doi.org/10.33474/yur.v4i2.11239

Maulida, R., & Ratumbuysang, M. F. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Tahun Ajaran 2019/2020. Seminar Nasional (PROSPEK I), https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/download/1733/1275/6136.

Mulyana, D., & Rakhmat, J. (2009). Komunikasi antarbudaya panduan berkomunikasi dengan orang-orang berbeda budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasana, D. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nabila, N. A. (2020). Pembelajaran Daring Di Era Covid-19 Blood Learning In The Era Of Covid-19. Jurnal Pendidikan, Volume 1 Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.31234/osf.io/an4vq

Naim, N. (2012). Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Ningsih, T. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press.

Nugraha, F., & Nurani , R. Z. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 5, 4037 - 4044. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1487

Santika, I. W. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal , Vol 3 No 1., 8-19. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, S. (2020). Empathy Dan Design Thinking Dalam Pendidikan Stem. kemdikbud.go.id, https://p4tkpknips.kemdikbud.go.id/informasi/artikel/193-emphati-dan-design-thinking-dalam-pendidikan-stem-renungan-akademis-dari-hasil-studi .

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Hidayati Umi. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Ekonomi Bisnis Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motifasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Intreagasi dan Pengembangan Volume 1, Nomor 2, 2021. ISSN 2798-4176

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Indah Sari , F. P. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBASIS EMPATI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII SMPN 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022 . Dharma Pendidikan, 18(1), 40–47. https://doi.org/10.69866/dp.v18i1.483