PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH PADA SISWA KELAS XII MIPA 3 SMA NEGERI 1 REJOSO KABUPATEN NGANJUK SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v18i1.482Keywords:
Discovery learning, kemampuan siswaAbstract
Metode Discovery Learning dalam pembelajaran Fsika ini dipadukan dengan menggunakan teknik diskusi yang dilakukan oleh guru dalam rangka memberikan variasi dalam kegiatan pembelajaran dikelas.Untuk lebih memahami secara konseptual dan terencana jarang dilakukan karena dianggap kurang praktis dan kurang efisien. Siswa yang diorganisir dalam diskusi kelompok kecil lebih terikat dengan tugas-tugas yang diberikan dibandingkan siswa yang diatur dalam diskusi kelompok besar. Diskusi kelompok kecil dan diskusi kelompok besar lebih baik hasil belajarnya dibanding bekerja secara individu (Rosenshine & Steven, 1984). Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui pembelajaran dan hasil pembelajaran Fisika dengan Pendekatan saintifik Model Discovery learning untuk meningkatkan kemampuan siswa pada materi rangkaian Arus Searah pada siswa kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart (dalam Arikunto, Suhasini,2002:83), yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning(rencana), action(tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Setelah dilakukan penelitian hasilnya adalah Pada siklus pertama siswa bercanda terdapat 10 siswa atau 27,78%. Siswa yang memperhatikan 26 siswa atau 72,22%, siswa yang menyeleseikan tugas dengan baik 26 siswa atau 72,22%, siswa yang tidak dapat menyeleseikan tugas dengan baik 10 siswa atau 27,78%, siswa yang aktif dalam kegiatan kelompok 26 siswa atau 72,22%, siswa yang telah tuntas 26 siswa 72,22% dan siswa yang belum tuntas 10 siswa atau 27,78%. Pada siklus kedua siswa yang bercanda terdapat 3 siswa atau 8,33%, siswa yang memperhatikan 33 siswa 91,67%, siswa yang menyelesaikan tugas dengan baik 33 siswa atau 91,67%, siswa yang tidak dapat menyelesaikan tugas dengan baik 3 siswa atau 8,33%, siswa yangaktif dalam kegiatan kelompok 33 siswa atau 91,67%, siswa yang tuntas 330 siswa atau 91,67% dan siswa yang belum tuntas 3 siswa atau 8,33%.
Downloads
References
Burton, W.H. 2002. The Gidence of Learning Activities.New York: Appleton Century Crofts, Inc.
Clark, Leonard H. & Starr Irving S., 2005.Secondary Midle School Teaching Methode, New York: Macmillan Publishing Co, Inc 4thEdition.
Davies, Ivor K., 2001, Instructional Techniques, Washington DC: Mc. Grew, Inc.
Dick, Walter, & Low Carey, 2005.The SysMateritic Design of Intruction, London: Scott, Foresman and Company, Illionis.
Gage, N.L. & Berliener David G., 2007.Educational Psychology, Chicago: Rand McNelly College Publishing Company.
Gegne, Robert M. ( ). The Condition Of Learning; and Theory of Instruction, Fourt Edition, CBS, New York: College Publishing.
Hamalik, Umar. 2004. Kurikulum dan Pembelajaan. Jakarta: Bumi Aksara.
Joni, T. Raka, 2006. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan, Surabaya: Penerbit Karya Anda.
Kourilsky, Marrilyn & Quarrants Lory, 2007.Effective Teaching: Principles and Practice, Glenslow Illionis: Scott Foresman and Company.
Krech, David, et. Al., 2009.Element of Psichology; Second Edition, New York: Alfred A. Knopt, Inc.
Mc. Donald. 2009. Educational Psychology. San Fransisco: Wardsworth Publishing, Inc.
Mukayatun, 2004.Hubungan antara Latar Belakang Sosial Orang Tua dengan Prestasi Belajar. Malang: FPMIPA IKIP Malang.
Mussen, P.H. Conger. J.J., Kagan, J. dan Huston, A.C. 2004. Perkembangan dan Kepribadian Anak.Terjemahan oleh Meitasari Tjandrasa. 1988. Jakarta: Erlangga.
Raven, Betram and Rubin, Jeffrey z., 2003. Social Psichology, Second Edition, Singapore: Jhon Valey and Sons.
Suryabrata, S. 2009. Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi.Yogyakarta: Andi Offset.
Travers, Robert M.W., 2007. Esential of Learning, New York: Macmillian Publishing.
Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar.Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nanik Yunarsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0