KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL TERHADAP PEMAHAMAN MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X IPS DI SMA MUHAMADIYAH 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Dian Erika Ella Permata Sari

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v18i1.481

Keywords:

Media E-Modul, Mata Pelajaran Ekonomi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman mata pelajaran ekonomi dengan sebelum menggunakan media pembelajaran E-Modul, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dengan sesudah menggunakan media pembelajaran E-Modul, 3) Untuk Mengetahui efektif atau tidaknya dalam penggunaan media pembelajaran E-Modul terhadap pemahaman mata pelajaran ekonomi. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dan rancangan penelitiannya adalah One Group Pretest-Postest Design, Sedangkan pendekataan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekataan kuantitatif. Untuk itu variabel bebasnya adalah media pembelajaran E-Modul serta variabel terikatnya yaitu pemahaman mata pelajaran ekonomi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlahkan 30 siswa. Dan sampel yang digunakan adalah seluruh dari jumlah populasi yaitu siswa kelas X IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 1 kelas yang berjumlahkan 30 siswa. Teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel ini adalah teknik sampling jenuh atau sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data penelitian ini adalah analisis data statistik t-test.Berdasarkan nilai tes. Siswa mendapatkan nilai rata-rata sebelum menerapakan media pembelajaran E-Modul (pre-test) sebesar 63 yang termasuk belum ada peningkatan pemahaman mata pelajaran ekonomi, sedangkan nilai rata-rata (post test) sebesar 89 yang termasuk sudah ada peningkatan pemahaman mata pelajaran ekonomi dari sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Dk = 29 nilai thitung = 20,77 dan ttabel = 2,045, maka thitung >ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “Media pembelajaran E-Modul efektif terhadap pemahaman mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IPS 1 di SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022”. Berdasarkan pengalaman pada bagian ini peneliti ingin memberikan beberapa saran yang mungkin berguna untuk penelitian selanjutnya. Pengembangan penelitian selanjutnya dapat menambah ruang lingkup penelitian serta lebih diperdalam melalui media pembelajaran atau penelitian kuantitatif, yaitu menyelidiki siswa dalam kasus-kasus tertentu, seperti kebosanan siswa dalam pembelajaran, rendahnya pemahaman siswa dalam mengerti materi. Hal ini juga terkait dengan konsep media yang mengambil siswa sebagai partisipan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeliyanti, S., Suharto., & Hobri. (2018). Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Teknologi Sebagai Suplemen Pembelajaran pada Aplikasi Fungsi Kuadrat. Jurnal KadikmA, 9(1) : 123 – 130

Erdi, P.N. & Padwa, T.R (2021). Penggunaan E-Modul dengan sistem Project Based Learning.Jurnal Vokasi Informatika,1(1): 21-25 DOI: https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.13

Hidayati, U., dkk. (2019) Efektifitas Model Pelatihan Mobile Devices Untuk Meningkatkan Kapasitas Manajemen Pengembangan Unit Usaha Bumdes Berbasis Potensi Desa. Jurnal ICLI 2018, Halaman 308.

Istiqalal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa Diperguruan Tinggi.Jurnal Kepemimpinan dan Pengurus Sekolah,Vol.3(2): (Page 139-144).

Nugroho, A.N., Fajar, M.A., Dewanti, P.W., Aghni, R.I., & Siregar, MN.N., (2016). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Web Blog dan Aplikasi Android Bagi Guru SMK. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Partono. (2019) Pemanfaatan E-Modul dalam Pembelajaran. Diperoleh pada tanggal 6 April 2022. Dari sumber http://sma1pegandon.scr.id/read/107/pemanfaatan-emodul-dalam-pembelajaran/

Priatna, I.K., Putrama, I.M., Divayana, D.G., (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Vidiografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada.Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6(1) : 70 – 73 DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9931

Puspitasari, Y.D., Cahyanti, T.W., (2018). Pengembangan Modul Fisikia Dasar Berbasis Scientific Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF),Vol.2(8): (Page 65 – 72)

Suharto. (2021). Efektifitas Pembelejaran E-Marketing Terhadap Skill Entrepreneurship Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Sosial Horizon : Jurnal Pendidikan Nasional, 8(2): (207 - 214) DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v8i2.2950

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelejaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,Jurnal Komunikasi Pendidikan,2(2), 103.http://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113 DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Ella Permata Sari, D. E. . (2023). KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL TERHADAP PEMAHAMAN MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X IPS DI SMA MUHAMADIYAH 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Dharma Pendidikan, 18(1), 59–66. https://doi.org/10.69866/dp.v18i1.481