ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI RASIO ATAU PERBANDINGAN KELAS VII DI SMP SAINS MIFTAHUL HUDA NGANJUK TAHUN PELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v18i1.480Keywords:
Analisis kesulitan, pemecahan masalah, kemampuan pemecahan masalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi Rasio atau Perbandingan Kelas VII di SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah 24 siswa kelas VII SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 14,94% siswa tidak dapat menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, 17,24% siswa tidak dapat membuat model matematika berdasarkan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal, 19,54% siswa tidak dapat menuliskan penyelesaian dengan benar, 28,74% siswa tidak menuliskan kesimpulan yang diperoleh, 10,34% siswa dapat menuliskan penyelesaian tetapi prosedurnya masih salah, 2,3% siswa tidak melakukan pengecekan kembali/meneliti jawaban yang diperoleh, 2,3% siswa dapat menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan tetapi masih salah, 2,3% siswa dapat menuliskan penyelesaian tetapi tidak lengkap, dan 2,3% siswa melakukan pengecekan kembali tetapi hanya sebagian. Faktor kesulitan yang dialami siswa kelas VII Ibnu Sina di SMP Sains Miftahul Huda dalam pemecahan masalah matematika pada materi rasio atau perbandingan yakni: siswa kurang memahami konsep rasio atau perbandingan, kurang teliti, tergesa-gesa dalam mengerjakan soal, lupa, kurang waktu untuk mengerjakan soal, cepat menyerah, terkecoh dengan jawaban teman, dan cemas. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk melanjutkan dan mengembangkan penelitian selanjutnya.
Downloads
References
Baso Iping, S. E. (2021). Teknik Pengelolaan dan Analisis Data Penelitian.
Mahdayani, R. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aritmetika, Aljabar, Statistika, dan Geometri. Jurnal Pendas Mahakam.
Saputri, M. A., Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII dalam Pemecahan Masalah Teorema Pythagoras. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi.
Anjarwati, D., Andrini, V. S., & Hariyono, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Melalui Zoom Cloud Meeting Pada Materi Teorema Pythagoras Terhadap ERHADAP Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun 2020/2021.
Andrini, V. S. (2021). Buku: Studi Pembelajaran Model Flipped Classroom Memetakan Motivasi Mahasiswa.
Patmaningrum, Agustin. (2018) Analisis Kesulitan Mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk Dalam Penyelesaian Soal Aljabar Abstrak Berdasarkan Perdebatan Kemampuan Matematika.
Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi teorema phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p415-426
Syafira Anggari, R. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita pada Materi Bangun Datar Ditnjau dari Minat Belajar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kholifatul Nuraida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0