APLIKASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI IPS 1 MATA PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v18i1.478Keywords:
Aplikasi, Metode Tutor Sebaya, Meningkatkan, Motivasi BelajarAbstract
Tujuan Penulisan ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor pemicu rendahnya motivasi belajar siswa terhadap materi pokok Barisan dan deret 2) Untuk mendeskripsikan proses alur tindakan-tindakan aplikatif metode pembelajaran tutor sebaya dalam rangka mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa terhadap materi pokok Barisan dan deret, dan 3). Untuk mendeskripsikan perubahan tingkat motivasi belajar siswa pasca aplikasi metode pembelajaran tutor sebaya. Untuk mengatasi masalah tersebut , agar tujuan pembelajaran dapat berhasil sesuai harapan , peneliti menerapkan metode Tutor Sebaya. Melalui uji penerapan dalam dua (2) siklus, di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Nganjuk, ada hasil cukup signifikan yang menunjukkan bahwa 1). Jumlah siswa yang nilai social skill-nya memenuhi KKM mengalami peningkatan masing-masing di kelas XI IPS-2 naik dari 12 siswa pada siklus I menjadi 30 orang pada siklus II, atau naik dari 33% menjadi 83 %. Dan 2) Jumlah siswa yang nilai post-test 3 ke post-test 4 mengalami peningkatan, dari 18 siswa pada siklus I menjadi 32 orang pada siklus II, atau naik dari 50 % menjadi 89 %. Dengan demikian peneliti menyarankan agar Metode Tutor sebaya perlu diterapkan untuk mengatasi masalah pembelajaran yang berpangkal pada motivasi belajar siswa yang rendah, karena dalam skenario pembelajaran metode ini siswa dituntut untuk aktif berinteraksi dengan teman sebayanya, selanjutnya Tutor sebaya perlu dijadikan alternatif metode pembelajaran karena prosesnya lebih banyak melibatkan social skill dalam melakukan proses tutorial.
Downloads
References
Anonim. (02/15/2005). Peer Tutoring. http://www.coe.ohio-state.edu/gcartledge/urbaninitiative/
Arikunto, Suharsimi. (1999). Prosedur Penulisan (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2006). Penulisan Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dabkwoski, Brendan. (02/15/2005). The History of Peer Tutoring. http://wrt-interteX IPS-1t.syr.edu/VIII/.
Felder, Richard M. 1994. Cooperative Learning in Technical Corse, (online), (PclldMy % DocumentCoop % 20 Report.
Depdiknas. (2006). Teknis Penulisan Tindakan Kelas. Surabaya: Perluasan dan Peningkatan Mutu SMU.
Ekowati, Endang. (2004). Model-Model Pembelajaran Inovatif Sebagai Solusi Mengakhiri Dominasi Pembelajaran Guru. Surabaya: Depdiknas Jatim.
Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syam, M., dan Sunardi, H. (2006). Karya Tulis Ilmiah. Surabaya: LPMP.
Tim Penyusun Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (P3B). (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Yamin, Martinis. (2003). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Gaung Persada Press: Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nunuk Prihatiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0