APLIKASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI IPS 1 MATA PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Nunuk Prihatiningsih

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v18i1.478

Keywords:

Aplikasi, Metode Tutor Sebaya, Meningkatkan, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan Penulisan ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor pemicu rendahnya motivasi belajar siswa terhadap materi pokok Barisan dan deret 2) Untuk mendeskripsikan proses alur tindakan-tindakan aplikatif metode pembelajaran tutor sebaya dalam rangka mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa terhadap materi pokok Barisan dan deret, dan 3). Untuk mendeskripsikan perubahan tingkat motivasi belajar siswa pasca aplikasi metode pembelajaran tutor sebaya. Untuk mengatasi masalah tersebut , agar tujuan pembelajaran  dapat berhasil sesuai harapan , peneliti menerapkan  metode Tutor Sebaya. Melalui uji penerapan dalam dua (2) siklus, di Kelas XI IPS 2  SMA Negeri 2 Nganjuk, ada hasil cukup signifikan yang menunjukkan bahwa 1). Jumlah siswa yang nilai social skill-nya memenuhi KKM    mengalami peningkatan masing-masing di kelas XI IPS-2 naik dari 12 siswa pada siklus I menjadi 30 orang pada siklus II, atau naik dari 33% menjadi   83 %. Dan 2) Jumlah siswa yang nilai post-test 3 ke post-test 4 mengalami peningkatan, dari 18 siswa pada siklus I menjadi 32 orang pada siklus II, atau naik dari 50 % menjadi 89 %. Dengan demikian peneliti menyarankan agar Metode Tutor sebaya perlu diterapkan untuk mengatasi masalah pembelajaran yang berpangkal pada motivasi belajar siswa yang rendah, karena dalam skenario pembelajaran metode ini siswa dituntut untuk aktif berinteraksi dengan teman sebayanya, selanjutnya Tutor sebaya perlu dijadikan alternatif metode pembelajaran karena prosesnya lebih banyak melibatkan social skill dalam melakukan proses tutorial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. (02/15/2005). Peer Tutoring. http://www.coe.ohio-state.edu/gcartledge/urbaninitiative/

Arikunto, Suharsimi. (1999). Prosedur Penulisan (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2006). Penulisan Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dabkwoski, Brendan. (02/15/2005). The History of Peer Tutoring. http://wrt-interteX IPS-1t.syr.edu/VIII/.

Felder, Richard M. 1994. Cooperative Learning in Technical Corse, (online), (PclldMy % DocumentCoop % 20 Report.

Depdiknas. (2006). Teknis Penulisan Tindakan Kelas. Surabaya: Perluasan dan Peningkatan Mutu SMU.

Ekowati, Endang. (2004). Model-Model Pembelajaran Inovatif Sebagai Solusi Mengakhiri Dominasi Pembelajaran Guru. Surabaya: Depdiknas Jatim.

Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syam, M., dan Sunardi, H. (2006). Karya Tulis Ilmiah. Surabaya: LPMP.

Tim Penyusun Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (P3B). (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Yamin, Martinis. (2003). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Gaung Persada Press: Jakarta

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Prihatiningsih , N. (2023). APLIKASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI IPS 1 MATA PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2021/2022. Dharma Pendidikan, 18(1), 16–29. https://doi.org/10.69866/dp.v18i1.478