IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v18i1.476Keywords:
Covid-19, pembelajaran jarak jauh, strategi pembelajaran inkuiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keberhasilan implementasi strategi pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kualitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang menggunakan metode konten analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 7 Nganjuk pada semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama dua siklus pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain itu siswa juga mengalami peningkatan ketuntasan belajar yaitu sebesar 25% dan telah mencapai ketuntasan yang dikehendaki. Guru diharapkan untuk tetap memperhatikan siswa agar dapat memaksimalkan dan mempertahankan hasil yang sudah dicapai dengan tujuan pada proses belajar mengajar selanjutnya.
Downloads
References
Aida, Z. (2020). The Effect of Inquiry Model on Teacher’s Self Controlling in Class X Virus in SMA Private Vocational School UISU Medan. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(9), 797–800. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i9.3300 DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i9.3300
Dhamayanti, P. V. (2022). Systematic Literature Review: Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 209–219.
Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2008). Penelitian Tindakan Kelas.
Febrian, R., Muhtadin, & Huda, M. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Inkuiri Dalam Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gunung Djati Conference Series, 10, 185–194.
Hamdani, R. H., & Islam, S. (2019). Inovasi Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran. STIT Palapa Nusantara, 7(1), 30–49. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.180 DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.180
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1608 DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Jamila, Ahdar, & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Al Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 3(2), 101–110. DOI: https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i2.2346
Jaworski, B., & Potari, D. (2021). Implementation of a developmental model of teachers’ and didacticians’ learning through inquiry: design, operationalisation and outcomes. ZDM - Mathematics Education, 53(5), 1073–1084. https://doi.org/10.1007/s11858-021-01290-x DOI: https://doi.org/10.1007/s11858-021-01290-x
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045 DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045
Pahrul, Y., Joni, J., & Marlina, L. (2021). Kemampuan Guru dalam Mengelola Kelas selama Pembelajaran Covid-19 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2168–2174. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1807 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1807
Satali, A., & Febrianti. (2022). Proses Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen secara Daring. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 2(1), 12–26. DOI: https://doi.org/10.62738/ej.v2i1.20
Siyam, H. R., & Siswantari, H. (2021). Strategi Guru Dalam Menghadapi Siswa Pasif Saat Daring di SD Muhammadiyah Gendeng. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 908–912.
Srisawasdi, N., & Panjaburee, P. (2019). Implementation of Game-transformed Inquiry-based Learning to Promote the Understanding of and Motivation to Learn Chemistry. Journal of Science Education and Technology, 28(2), 152–164. https://doi.org/10.1007/s10956-018-9754-0 DOI: https://doi.org/10.1007/s10956-018-9754-0
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63 DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63
Sutarningsih, N. L. (2022). Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 116. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44929
Wale, B. D., & Bishaw, K. S. (2020). Effects of using inquiry-based learning on EFL students’ critical thinking skills. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 5(1). https://doi.org/10.1186/s40862-020-00090-2 DOI: https://doi.org/10.1186/s40862-020-00090-2
Wu, J., Guo, R., Wang, Z., & Zeng, R. (2021). Integrating spherical video-based virtual reality into elementary school students’ scientific inquiry instruction: effects on their problem-solving performance. Interactive Learning Environments, 29(3), 496–509. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1587469 DOI: https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1587469
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eny Puji Lestariningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0