Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Kimia Kelas X SMK Negeri 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Kaesta Uri Winggi

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v17i2.200

Keywords:

Model Pembelajaran, Siklus Belajar 5E, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui penerapan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa, 2) mengetahui penerapan model pembelajaran Siklus Belajar 5E terhadap keterampilan proses sains siswa, 3) mengetahui adanya perbedaan antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Siklus Belajar 5E terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran kimia kelas X SMKN 1 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif menggunakan Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Nganjuk yang berjumlah 538 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas X-MM-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MM-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa tes tertulis dengan soal uraian dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini adalah tes berupa Posttest soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial. Berdasarkan hasil Posttest diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 84,11 sedangkan kelas kontrol 67,83. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikansi Sig.(2-tailed) 0,000 yang artinya Sig.(2-tailed) < 0,05. Selain itu juga dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan thitung dan ttabel didapatkan ttabel yaitu 1,66691 dengan thitung 6,685maka  thitung (6,685) > ttabel  (1,6691). Berdasarkan kedua uji yang dilakukan maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan ada perbedaan antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Siklus Belajar 5E terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran kimia. Perbedaan tersebut menunjukkan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran Siklus Belajar 5E lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiningsih, M. D., Karyasa, I. W., & Muderawan, I. W. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Praktikum Titrasi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 94-102.

Akbar, M. G. T., & Srisulistiowati, D. B. (2021). Analisa Sentimen Efektifitas Vaksin terhadap Varian COVID 19 Omicron Berbasis Leksikon. Journal of Informatic and Information Security, 2(2).

Amnie, E., Abdurrahman, A., & Ertikanto, C. (2014). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Ranah Kognitif. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(7).

Andrini, V. S. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Team Quiz Menggunakan Media Zoom Meting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 89-94.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32.

Rahmah, Y., Nasir, M., & Azmin, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima. ORYZA (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(2), 40-46.

Rosiana, C. (2018). Analyzed The Students Need to Reduce Ineffective Readers Through Scientific Books. Dharma Pendidikan, 13(2), 23-30.

Tania, B., & Murni, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(1).

Published

2023-03-07

How to Cite

Winggi, K. U. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Kimia Kelas X SMK Negeri 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Dharma Pendidikan, 17(2), 176–186. https://doi.org/10.69866/dp.v17i2.200