Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Dengan Didukung Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v17i2.199Keywords:
model pembelajaran Treffinger, hasil belajar siswaAbstract
Pendidikan merupakan kebutuhan yang mendasar dan penting dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Dalam proses pembelajaran sering ditemukan masalah-masalah yang terjadi seperti, guru hanya menggunakan metode ceramah, proses pembelajaran tidak menarik, guru tidak menggunakan media pembelajaran, menurunnya minat belaajr peserta didik sehingga hasil belajar juga menurun. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi menggunakan model pembelajaran treffinger dengan didukung media audio visual pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Konvensional dengan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Treffinger dengan didukung media audio visual pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas XI IPS sebanyak 135 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI IPS 1 sejumlah 35 siswa dan XI IPS 3 sejumlah 34 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas XI IPS 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganailisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata-rata post test 72,19 untuk kelas kontrol yang berarti cukup dan nilai rata-rata post test 79,79 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 67 nilai ttabel = 1,996 dan thitung = 4,249, maka thitung> ttabel yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga “Ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran treffinger dengan didukung media audio visual pada materi ketenagakerjaan mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022”.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Cahyadi, Ani. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Banjarmasin: Laksita Indonesia. Diakses pada 9 April 2022, dari sumber: http://idr.uin-antasari.ac.id/16140/1/Ani%20Cahyadi%20Pengembangan%20Media%20%28book%29.pdf
Haryati, Siti. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Ekonomi Materi Pendapatan Nasional dengan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Interaktif (ICT).
Hidayati, U., Djatmika, E. T., Witjaksono, M., & Wahyono, H. (2019). The Effectiveness of Training Model of Mobile Devices to Increase Capacity Management to Develop Bumdes Business Unit Based on the Potential Village. ICLI 2018, 308. DOI: https://doi.org/10.5220/0008411503080315
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Husamah, dkk. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Istiyani (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Giving Question And Getting Answer Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ipa Pada Peserta Didik Kelas IV MIN 2 Bandar Lampung. Diakses pada 12 Juli 2022. Dari sumber http://repository. Radenintan.ac.id/10862/1/SKRIPSI 2.pdf
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munandar, Utami. (2009). Mengembangkan Kreatifitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.
Mutia. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah pertama. diakses pada 8 April 2022, dari sumber https://123dok.com/document/q266vgpz-penerapan-pembelajaran- treffinger-meningkatkan-kemampuan-pemecahan-matematis-menengah.html
Patmaningrum, Agustin. (2015). Studi deskriptif tingkat kognitif soal-soal pada buku paket matematika SD. Kelas 5 catur wulan III berdasarkan taksonomi bloom. Diakses pada 16 Agustus 2022. Dari sumber: https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67082
Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi/Standar Kompetensi Dasar SM Mata Pelajaran Ekonomi.
Purnama, Asep. (2019). Pengaruh Pendekatan Taktis dan Pendekatan Teknis dalam Pembelajaran Permainan Sepak Bola. Diakses pada 18 April 2022. Dari sumber : http://repository.upi.edu/34894/
Putri, Darmi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Batusangkar Pada Materi Hukum Newton. Diakses pada 10 April 2022. Dari sumber : https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/18882
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran: berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Salmi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang. Diakses pada 10 April 2022. Dari sumber https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/7865 DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865
Sanjaya, Wina. (2010). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kencana Persada media Group
Shoimin, Aris. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruuz Media.
Sugiyono. (2017). Model Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses pada 8 April 2022, dari sumber https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Yudhistira, Ardana. (2012). Pembelajaran Ekonomi. Diakses pada 10 April 2022. Dari sumber http://ardanayudhistira.blogspot.co.id/2012/03/pembelajaran-ekonomi.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dina Ayu Nuriza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0