PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DAN PADLET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS CAPTION

Penulis

  • Siti Nurul Chamidah

Kata Kunci:

kemampuan menulis, teks caption, canva, padlet

Abstrak

Abstrak

Teks caption muncul seiring dengan perkembangan teknologi informasi, khususnya dalam bidang sosial media. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMA, teks caption diajarkan secara khusus di kelas XII. Untuk mengajarkan teks caption kepada siswa, khususnya pada ketrampilan menulis, diperlukan beberapa strategi dan pemilihan media belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa yang mampu menunjang pengembangan literasi digital mereka guna mempersiapkan mereka menjadi bagian dari revolusi industri 4.0. Pemanfaatan media pembelajaran digital berupa aplikasi canva dan padlet sangat membantu guru dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis teks caption siswa. Tujuan dari penelitian studi literatur ini adalah untuk menjelaskan cara  pemanfaatan media pembelajaran berupa aplikasi canva dan padlet untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks caption. Pendekatan kualitatif digunakaan untuk memaparkan hasil studi literatur dan wawancara dengan responden tentang cara pemanfaatan media pembelajaran berupa aplikasi canva dan padlet untuk meningkatkan kemampuan menulis teks caption mereka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital berupa aplikasi padlet dan canva mampu memberikan rangsangan untuk meningkatkan minat, kreativitas, kemandirian, dan tanggung jawab siswa dalam mempelajari ketrampilan menulis teks caption. Penggunaan media pembelajaran digital ini dipadukan dengan kemampuan guru dalam memberikan pemahaman mengenai strategi menulis caption yang baik bagi siswa serta bimbingan guru dalam menulis teks tersebut akan dapat meningkatkan kemampun siswa dalam menulis teks caption.

Referensi

_________, 2008. Cambridge Advanced Learner’s Dictionary. Cambridge: Cambridge University Press.

Alsamadani, H. A. (2010). The Relationship between Saudi EFL Students’ Writing

Alsamadani, H. A. (2010). The Relationship between Saudi EFL Students’ Writing

Alsamadani, H. A. 2010. The Relationship between Saudi EFL Students’ Writing Competence, L1 Writing Proficiency, and Self-regulation. European Journal of Social Sciences, 16(1)

Elbow, P. 1981. Writing with Power: Techniques for Mastering the Writing Process. New York: Oxford University Press.

Guswindari, Risky. 2020. Kriteria Caption yang Baik dalam Bahasa Inggris.(online: Kompas.com), https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/05/191240269/kriteria-caption-yang-baik-dalam-bahasa-inggris?page=all)

Harmer, Jeremy. 2007. The Practice of English Language Teaching, Fourth. Edition. Harlow: Pearson Longman.

Hornby, A.S. 1995. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English, 5th Ed. Oxford: Oxford University Press.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rohmatika, P. A, dan Putra, R. M. 2020. Studi Penggunaan Aplikasi Padlet pada Kelas Menulis. Jurnal Komunikasi & Bahasa, 1(2):1–9.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tanjung, Rahma Elvira dan Faiza, Delsinta. 2019. Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika,7(2):79–85.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

Chamidah, S. N. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DAN PADLET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS CAPTION . Dharma Pendidikan, 17(1), 83-94. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/191