PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DAN PADLET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS CAPTION
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v17i1.191Keywords:
kemampuan menulis, teks caption, canva, padletAbstract
Abstrak
Teks caption muncul seiring dengan perkembangan teknologi informasi, khususnya dalam bidang sosial media. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMA, teks caption diajarkan secara khusus di kelas XII. Untuk mengajarkan teks caption kepada siswa, khususnya pada ketrampilan menulis, diperlukan beberapa strategi dan pemilihan media belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa yang mampu menunjang pengembangan literasi digital mereka guna mempersiapkan mereka menjadi bagian dari revolusi industri 4.0. Pemanfaatan media pembelajaran digital berupa aplikasi canva dan padlet sangat membantu guru dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis teks caption siswa. Tujuan dari penelitian studi literatur ini adalah untuk menjelaskan cara pemanfaatan media pembelajaran berupa aplikasi canva dan padlet untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks caption. Pendekatan kualitatif digunakaan untuk memaparkan hasil studi literatur dan wawancara dengan responden tentang cara pemanfaatan media pembelajaran berupa aplikasi canva dan padlet untuk meningkatkan kemampuan menulis teks caption mereka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital berupa aplikasi padlet dan canva mampu memberikan rangsangan untuk meningkatkan minat, kreativitas, kemandirian, dan tanggung jawab siswa dalam mempelajari ketrampilan menulis teks caption. Penggunaan media pembelajaran digital ini dipadukan dengan kemampuan guru dalam memberikan pemahaman mengenai strategi menulis caption yang baik bagi siswa serta bimbingan guru dalam menulis teks tersebut akan dapat meningkatkan kemampun siswa dalam menulis teks caption.
Downloads
References
_________, 2008. Cambridge Advanced Learner’s Dictionary. Cambridge: Cambridge University Press.
Alsamadani, H. A. (2010). The Relationship between Saudi EFL Students’ Writing
Alsamadani, H. A. (2010). The Relationship between Saudi EFL Students’ Writing
Alsamadani, H. A. 2010. The Relationship between Saudi EFL Students’ Writing Competence, L1 Writing Proficiency, and Self-regulation. European Journal of Social Sciences, 16(1)
Elbow, P. 1981. Writing with Power: Techniques for Mastering the Writing Process. New York: Oxford University Press.
Guswindari, Risky. 2020. Kriteria Caption yang Baik dalam Bahasa Inggris.(online: Kompas.com), https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/05/191240269/kriteria-caption-yang-baik-dalam-bahasa-inggris?page=all)
Harmer, Jeremy. 2007. The Practice of English Language Teaching, Fourth. Edition. Harlow: Pearson Longman.
Hornby, A.S. 1995. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English, 5th Ed. Oxford: Oxford University Press.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rohmatika, P. A, dan Putra, R. M. 2020. Studi Penggunaan Aplikasi Padlet pada Kelas Menulis. Jurnal Komunikasi & Bahasa, 1(2):1–9.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tanjung, Rahma Elvira dan Faiza, Delsinta. 2019. Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika,7(2):79–85.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Nurul Chamidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0