PROSES INTERNALISASI PENDIDIKAN EKONOMI KELUARGA PETERNAK AYAM PETELUR DALAM MENYIAPKAN GENERASI PENERUS DI ERA REVOLUSI INDUSTRY 4.0

Penulis

  • Muhammad Ari Kusuma STKIP PGRI NGANJUK

Kata Kunci:

Internalisasi, Pendidikan Ekonomi, Kewirausaha, kehidupan ekonomi, Revolusi industry

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisi kesiapan orangtua yang berprofesi sebagai Peternak Ayam Petelur di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar dalam menyiapkan generasi penerus di era revolusi industry 4.0 dengan proses internalisasi yang di lakukan dalam kehidupan sehari hari. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Subjek dalam penelitian ini merupakan keluarga peternak ayam petelur di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar yang informannya di pilih dengan Teknik Purposive Sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan proses menyiapkan generasi penerus usaha melalui proses internalisasi Pendidikan ekonomin dalam keluarga terdiri dari proses keteladanan, penjelasan verbal, proses pembiasaan, dan melalui diskusi kasus-kasus yang relevan. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk memperbaiki dan menyiapkan generasi yang berkualitas untuk menyiapkan revolusi industry 4.0.

Referensi

Biringan, J. (2020). Internalisasi nilai melalui pendidikan informal dalam prospek perubahan sosial, 2.

Alfridus Mau Manek, A. H. (2020). PENDIDIKAN EKONOMI INFORMAL MASYARAKAT ADAT LOONA, 2.

Nugroho, d. (2008). In Kewirausahaan membangun usaha sukses sejak usia muda (pp. 48-55). Jakarta: Salemba Empat.

Hamdan. (2018). Industri 4.0 : Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi.

Wahyu, S. (2018). Pengaruh Faktor Internal dan EksternalTerhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Malang., 19.

BPS Blitar. (2019). Jumlah Rumah Tangga Usaha Peternakan Menurut Kecamatan Dan Jenis Ternak Kabupaten Blitar. Retrieved from Badan Pusat Statistik Kabupaten Blitar: https://blitarkab.bps.go.id/statictable/2015/02/23/294/jumlah-rumah-tangga-usaha-peternakan-menurut-kecamatan-dan-jenis-ternak-2013.html

Fadiati, Dkk. (2008). Menjadi Wirausaha Sukses. Jakarta: Bandung Rosa.

M.A. Ghufron. (2019). REVOLUSI INDUSTRI 4.0: TANTANGAN, PELUANG DAN SOLUSI BAGI DUNIA PENDIDIKAN. Universitas Trisakti.

Trianingtyas, Ariswanti Diana. . (2016.). Dasar-Dasar Kewirausahaan. . Magetan: Media Grafika.

Slamet, d. (2018). Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Rineka Cipta.

World Economic Forum. (2018). The Fourth Industrial Revolusi. Switzerland.

Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. . Jakarta: Bumi Aksara.

World Economic Forum. (2016). Employment, Skills and Workforce Strategy for the Fourt industrial Revolution. Switzerland.

Sri Wahyuni . (2016). Pengaruh Faktor Internal dan EksternalTerhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Malang. Universitas Negeri Malang.

Soegoto. (2014). In Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung. Jakarta: Elex Media Komputido.

Retno Dewanti. (2008). In Kewirausahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Muhammad Saroni. (2017). In Mendidik dan Melatih Entrepreneur Muda. . Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Jufri, Muhammad & Wirawan, Hillman. (2014). In Internalisasi Jiwa Kewirausahaan Pada Anak. . Jakarta : Kencana.

Slameto. (2003). In Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. . Jakarta: Rineka Cipta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

Kusuma, M. A. (2022). PROSES INTERNALISASI PENDIDIKAN EKONOMI KELUARGA PETERNAK AYAM PETELUR DALAM MENYIAPKAN GENERASI PENERUS DI ERA REVOLUSI INDUSTRY 4.0. Dharma Pendidikan, 17(1), 9-20. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/188