ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DOSEN PENDIDIKAN EKONOMI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA STKIP PGRI NGANJUK
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v17i1.186Keywords:
kualitas pelayanan, kepuasan mahasiswa.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui: (1) Pengaruh kualitas pelayanan dosen pendidikan ekonomi terhadap kepuasan mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk secara simultan (2) Pengaruh kualitas pelayanan dosen pendidikan ekonomi terhadap kepuasan mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk secara parsial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk program studi pendidikan ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah acidental dan purposive sampling. Untuk memenuhi asumsi kecukupan sampel dalam analisis regresi linier berganda, jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dengan skala likert. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dengan memberikan angket kepada responden. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Variabel tangible terhadap kepuasan mahasiswa memiliki pengaruh positif dengan hasil thitung sebesar 2,884 dan tingkat signifikansi critical 0,006 untuk signifikansi 5%. (2) Variable responsivenes terhadap kepuasan mahasiwa dengan hasil sebesar 2,897 diperoleh dari pengolahan statistik dan tingkat signifikansi critical 0,005 untuk signifikansi 5%. (3) Variabel reliability terhadap kepuasan mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil sebesar -,494 diperoleh dari pengolahan statistik dan tingkat signifikansi critical 0,623 untuk signifikansi 5%. (4) Variabel assurance terhadap kepuasan mahasiwa dengan hasil 3,043 diperoleh dari pengolahan statistik dan tingkat signifikansi critical 0,003 untuk signifikansi 5%. (5) Variable empathy terhadap kepuasan mahasiwa dengan nilai t hitung 1,138 diperoleh dari pengolahan statistik dan tingkat signifikansi critical 0,260 untuk signifikansi 5%.
Downloads
References
Alma, Buchari. (2005). Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Cetakan Kedua,
Maret 2005, Alfabeta, Bandung.
J. Supranto. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Jose. I et all. (2009). Determinan of Student Loyalty in Higher Education: A Tested Relationship Approach in Latin America. Latin American Business Review, 10:21–39.
Oyvind Helgesen and Erik Nesset. (2007). “What accounts for students’ loyalty? Some field study evidence”. International Journal of Educational Management Vol. 21 No. 2, pp. 126-143
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.Tjiptono, Fandy. 2000, Prinsip-prinsip total quality service, Edisi 2, Cetakan 1,Yogyakarta: Andi.
Wong, Chi bo, (2011). The Influence of Satisfaction and Relationship Commitment on Student Loyalty in Self-financed Tertiary Education Institutions. World Journal of Management, Vol. 3. No. 1. pp. 1-14
Zulian Yamit. (2005). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 bambang triyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0