PENERAPAN METODE CIRC DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF SISWA KELAS VIII-G SMP NEGERI 2 NGANJUK SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Penulis

  • lustina kurniawati

Kata Kunci:

metode CIRC, peningkatan, menulis kreatif

Abstrak

Kegiatan berbahasa sehari – hari mencakup empat aspek, antara lain keterampilan mendengarkan, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Dari keempat keterampilan diatas, penulis kali ini akan meneliti keterampilan menulis yang akan dilaksanakan oleh siswa kelas VIII-G di SMP Negeri 2 Nganjuk pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Dari data penelitian nilai rata – rata keterampilan menulis selalu menunjukkan angka dibawah KKM yang telah ditetapkan. Atas dasar kondisi inilah maka penulis mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) sebagai metode dalam proses pembelajaran menulis kreatif pada siswa SMP Negeri 2 Nganjuk, khususnya kelas VIII-G, dengan fokus penelitian meningkatkan kemampuan menulis kreatif naskah drama melalui metode CIRC.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa metode CIRC dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis kreatif siswa kelas VIII-G di SMP Negeri 2 Nganjuk pada semster ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari hasil obsevasi kemampuan siswa dalam menulis kreatif yang sebelum penerapan metode CIRC hanya memperoleh kategori kurang, tetapi setelah penerapan metode CIRC memperoleh kategori baik. Disamping itu, dalam pembelajaran dengan menggunakan metode CIRC, sebagian besar siswa merespon sangat positif dalam proses kegiatannya, kinerja gurupun semakin baik. Penerapan metode CIRC pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis kreatif naskah drama telah berhasil memperoleh skor maksimal.

Referensi

Amna, Maryati. 2004. Pembelajaran menulis (dalam Gerbang). Yogyakarta : Cahaya Timur Offset.

Aqib, Zainal 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya

Azwar Saifudin. 1996. Tes Prestasi ( Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar ). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

B. Uno Hamzah. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Depdiknas. 2005. Contoh Rencana Pelajaran dan Perangkat Pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif. Tim Pengembang LPMP Jawa Timur dan PSMS Unesa, Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Erwin. Muhammad. H. Andi Tanra Tellu dan I Nengah Kundera. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Biologi yang diajarkan menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung Berdasarkan Keterampilan Berikir kritis siswa Negeri 4 Palu. e-Jurnal Mitra Sains. 3 (1): 20-27.

Fitriana, aprilia nur. (2014). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition. Jurnal Penelitian. 3 (1) : 46-50

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

kurniawati, lustina . (2022). PENERAPAN METODE CIRC DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF SISWA KELAS VIII-G SMP NEGERI 2 NGANJUK SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Dharma Pendidikan, 17(1), 1 - 8. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/185