MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN EDUKASI POHON HITUNG PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK SATU ATAP WATUDANDANG 1 KECAMATAN PRAMBON
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v17i1.182Keywords:
Hasil Belajar Berhitung, Permaianan Edukatif, Pohon HitungAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan penelitian kualitatif, yang berlangsung selama 2 siklus yang melibatkan seluruh siswa kelompok B TK Satu Atap Watudandang Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 23 siswa. Dengan tahapan pada setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa baik pada penilaian Kognitif, Sosisal Emosional dan Fisik Motorik, pada hasil nilai kognitif mengalami peningkatan yang maksimal, di siklus 1 sebanyak 14 anak yang belum tuntas namun di siklus 2 hanya 3 anak yang tuntas belajar, kemudian pada penilaian Sosial Emosional semua aspek sosial emosional pada siklus 1 yang belum tuntas mengalami peningkatan disiklus 2, pada siklus 2 tidak ada aspek yang mendapatkan reward bintang 2 atau mulai berkembang, pada siklus 2 rata-rata semua anak sudah mendapatkan reward bintang 3 atau berkembang sesuai harapan (BSH), Kemudian aspek Fisik Motorik pada siklus 1 masih ada 4 anak yang belum tuntas atau masih dalam reward mendapatkan bintang 1, namun meningkat pada siklus 2 dengan tidak adanya yang mendpatkan reward bintang 1, kemudian pada reward bintang 2 atau mulai berkembang di siklus 1 masih banyak siswa yang mendapatkannya rata-rata disemua aspek penilaian, kemudian di siklus 2 sudah berkurang, diakhir akhir pertemuan siklus 2 hanya pada aspek mampu bermain sejumlah 1 anak dan terampil menghitung 2 anak, kemudian pada rewad bintang 3 atau berkembang sesuai harapan (BSH) sudah cukup baik di siklus 1 dan siklus 2 juga meningkat yang mendapatkan bintang 3, yang terakhir pada rewad bintang 4 atau berkembang sangat baik (BSB), pada siklus 1 tidak ada siswa yang mendapatkan, namun pada siklus 2 rata-rata disemua aspek penilaian ada yang mendapatkan.
Dari serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa permainan edukasi pohon hitung dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelompok B TK Satu Atap Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk.
Downloads
References
Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana
http://cariilmupengetahuan.blogspot.in/2012/12/faktor-yang-mempengaruhi-kemampuan.html diakses pada tanggal 11 Juli 2019
Usman, U. 2014.Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Iswadji, D. 2013. Pengembangan Media Alat Peraga Pembelajaran Matematika di SLT. Makalah tidak dipublikasikan.
Hamzah, S. 2016 Media Audio Visual. Jakarta: Gramedia.
Hamalik, Oe.2016. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
TIM PKP PG-PAUD. 2010. Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sunarti Sunarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0