MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN EDUKASI POHON HITUNG PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK SATU ATAP WATUDANDANG 1 KECAMATAN PRAMBON

Authors

  • Sunarti Sunarti

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v17i1.182

Keywords:

Hasil Belajar Berhitung, Permaianan Edukatif, Pohon Hitung

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan penelitian kualitatif, yang berlangsung selama 2 siklus yang melibatkan seluruh siswa kelompok B TK Satu Atap Watudandang Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 23 siswa. Dengan tahapan pada setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa baik pada penilaian Kognitif, Sosisal Emosional dan Fisik Motorik, pada hasil nilai kognitif mengalami peningkatan yang maksimal, di siklus 1 sebanyak 14 anak yang belum tuntas namun di siklus 2 hanya 3 anak yang tuntas belajar, kemudian pada penilaian Sosial Emosional semua aspek sosial emosional pada siklus 1 yang belum tuntas mengalami peningkatan disiklus 2, pada siklus 2 tidak ada aspek yang mendapatkan reward bintang 2 atau mulai berkembang, pada siklus 2 rata-rata semua anak sudah mendapatkan reward bintang 3 atau berkembang sesuai harapan (BSH), Kemudian aspek Fisik Motorik pada siklus 1 masih ada 4 anak yang belum tuntas atau masih dalam reward mendapatkan bintang 1, namun meningkat pada siklus 2 dengan tidak adanya yang mendpatkan reward bintang 1, kemudian pada reward bintang 2 atau mulai berkembang di siklus 1 masih banyak siswa yang mendapatkannya rata-rata disemua aspek penilaian, kemudian di siklus 2 sudah berkurang, diakhir akhir pertemuan siklus 2 hanya pada aspek mampu bermain sejumlah 1 anak dan terampil menghitung 2 anak, kemudian pada rewad bintang 3 atau berkembang sesuai harapan (BSH) sudah cukup baik di siklus 1 dan siklus 2 juga meningkat yang mendapatkan bintang 3, yang terakhir pada rewad bintang 4 atau berkembang sangat baik (BSB), pada siklus 1 tidak ada siswa yang mendapatkan, namun pada siklus 2 rata-rata disemua aspek penilaian ada yang mendapatkan.

Dari serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa permainan edukasi pohon hitung dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelompok B TK Satu Atap Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana

http://cariilmupengetahuan.blogspot.in/2012/12/faktor-yang-mempengaruhi-kemampuan.html diakses pada tanggal 11 Juli 2019

Usman, U. 2014.Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Iswadji, D. 2013. Pengembangan Media Alat Peraga Pembelajaran Matematika di SLT. Makalah tidak dipublikasikan.

Hamzah, S. 2016 Media Audio Visual. Jakarta: Gramedia.

Hamalik, Oe.2016. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

TIM PKP PG-PAUD. 2010. Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka

Published

2022-04-28

How to Cite

Sunarti, S. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN EDUKASI POHON HITUNG PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK SATU ATAP WATUDANDANG 1 KECAMATAN PRAMBON. Dharma Pendidikan, 17(1), 57–73. https://doi.org/10.69866/dp.v17i1.182