Pemantapan Nilai-Nilai Pancasila Kepada Siswa Kelas VIII B Sebagai Penangkal Ideologi Radikalisme Di MTs NU Joho Pada Massa Pandemi Covid 19

Penulis

  • Moh. Abid Muhtadin mahasiswa

Kata Kunci:

Nilai Pancasila, Penangkal Ideologi Radikalisme

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemantapan Nilai-Nilai Pancasila Kepada Siswa Kelas VIII B Sebagai Penangkal Ideologi Radikalisme di MTs NU Joho Pada Massa Pandemi Covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini siswa kelas VIII B di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Joho. Kriteria keberhasilan untuk partisipasi aktif tedapat 15 siswa tiap indikator dan untuk hasil belajar apabila nilai yang diperoleh 25 siswa mencapai nilai minimal 70 yakni batas nilai KKM. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dari hasil lembar observasi partisipasi aktif dan nilai rata-rata kelas mengunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs NU Joho berupaya untuk melakukan beberapa langkah sistematis untuk menanamkan Nilai Nilai Pancasila kepada siswa, sekaligus membentuk kerja sama yang solid antara Pimpinan Sekolah dan Guru terkait untuk menjalankan langkah-langkah dalam menanamkan Nilai –nilai Pancasila untuk menangkal Ideologi Radikalisme. Langkah-langkah yang dilakukan Madrasah terlaksana dalam kegiatan yang efektif dan terbagi menjadi dua yaitu Kegiatan Akademis dan Kegiatan Non Akademis. Madrasah melakukan Upaya maksimal sekaligus membangun kerjasama yang solid untuk mengatasi masalah tersebut agar dapat teratasi dengan optimal.

Referensi

Abdul Gafur. (2003). Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengembangan Silabus Berbasis Kemampuan Dasar Siswa Sekolah Menengah Umum SMU. Yogyakarta : Pasca Sarjana UNY.

Anas Sudijono. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Anita Lie. (2002). Kooperatif learning: Mempraktekan kooperatif learning di Luar kelas. Jakarta:Grassindo.

Cholisin. (2004). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Yogyakarta: Fakultas Ilmu sosial dan Ekonomi UNY.

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud dan PT Renika Cipta.

Imam Suprayogo, Metode Penelitian Sosial Agama, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001)

Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013)

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003)

Muhammad, Metode Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kualitatif, (Yogyakarta: UPFE UMY, 2003)

Muktakim. (2001). Psikologi Pendidikan. Semarang: FTIW.

Nana Sudjana. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto . (1993). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Roskarya. Rochiati Wiriaatmadja. (2006). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung:

Pascasarjan UPI dan PT Remaja Rosdakarya.

Robert E. Slavin. (2009). Cooperatif Learning teori, riset dan praktik. Bandung : Nusa Media. (1995). Cooperatif Learning, Theory, Research, and practice.

London : Ally and Bacon

Siti Nurjanah. (2007). Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Pada Pokok Bahasan Pengerjaan Hitung Campuran Melalui Model Pembelajaran Semester 1 SDN Perumas Krapyak 2001.

Slameto. (1998). Belajar dan Fakto-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunarso dkk. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan pkn untuk perguruan tinggi.Yogyakarta : UNY Press.

Sotikno Sobry. (2004). Menuju Pendidikan Bermutu. Mataram: NTP Press

Sri Hartati. (1997). Strategi pembelajaran kooperatif dalam proses belajar mengajar biologi di SMU:Edukasi

Suharsimi Arikunto. (1997). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

(2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakrta: Bumi Aksara.

Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Pustaka Book Publishen.

Suwarsih Madya. (1994). Panduan Penelitian Tindakan. Lembaga Penelitian FKIP IKIP Yogyakarta.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)

Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2005)

Saefudin Azwar, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2004)

Supardi, Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis, (Yogyakarta: UII Press, 2005),

UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Bandung: Citra Umbara

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-17

Cara Mengutip

Moh. Abid Muhtadin. (2022). Pemantapan Nilai-Nilai Pancasila Kepada Siswa Kelas VIII B Sebagai Penangkal Ideologi Radikalisme Di MTs NU Joho Pada Massa Pandemi Covid 19. Dharma Pendidikan, 16(2), 116 - 132. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/180