Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantu Aplikasi Whatsapp Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • sri-andayani sri-andayani mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v16i2.178

Keywords:

Model Pembelajaran Flipped Classroom, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan model Flipped Classroom berbantu aplikasi Whatsapp terhadap hasil belajar IPA materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model Flipped Classroom berbantu aplikasi Whatsapp terhadap hasil belajar IPA materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021, 3) Mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar IPA materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Eksperiment dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Gondang Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas VIII sebanyak 220 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII-A sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Convenience Sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah data statistik t-tes. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis dengan uji independent t-test, menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Berdasarkan hasil belajar, nilai siswa menunjukkan rata-rata 45 sebelum menggunakan model pembelajaran flipped classroom dan nilai rata-rata 70 setelah menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Kelas VIII-A tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil uji independent t-test, Signifikansi (2-tailed) menunjukkan hasil 0,000 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga “adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantu aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar IPA materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrini, V.S. dkk. 2019. Pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom dan Project Based terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Fisika: Conf. Seri1171 (2019) 012010

Andrini, V.S. dkk. (2016). Efektivitas metode pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa: secara teoritis dan empiris ulasan. Jurnal Pendidikan dan Praktek , Vol. 7, No. 3

Chandra, F.H. dan Nugroho, Y.W. (2016). Implementasi student centered learning dengan memanfaatkan media pembelajaran digital dalam pembelajaran dengan menggunakan metode “flipped classroom”. Media Prestasi, Vol. XVIII, No,2, ISSN 1979-9225

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semangarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Nurhalimah, MY. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan masalah luas dan keliling trapesium dan belahketupat melalui pembelajaran daring selama kondisi Covid-19. UIN AR-RANIRY

Patmaningrum, A. (2020). Upaya meningkatkan pembelajaran matematika dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk, Volume 15, Nomor 1

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. semarang: Alfabeta.

Surat Edaran Mendikbud RI No. 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Published

2022-01-17

How to Cite

sri-andayani, sri- andayani. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantu Aplikasi Whatsapp Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Dharma Pendidikan, 16(2), 81–93. https://doi.org/10.69866/dp.v16i2.178