Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantu Aplikasi Whatsapp Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v16i2.178Keywords:
Model Pembelajaran Flipped Classroom, Hasil Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan model Flipped Classroom berbantu aplikasi Whatsapp terhadap hasil belajar IPA materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model Flipped Classroom berbantu aplikasi Whatsapp terhadap hasil belajar IPA materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021, 3) Mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar IPA materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Eksperiment dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Gondang Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas VIII sebanyak 220 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII-A sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Convenience Sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah data statistik t-tes. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis dengan uji independent t-test, menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Berdasarkan hasil belajar, nilai siswa menunjukkan rata-rata 45 sebelum menggunakan model pembelajaran flipped classroom dan nilai rata-rata 70 setelah menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Kelas VIII-A tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil uji independent t-test, Signifikansi (2-tailed) menunjukkan hasil 0,000 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga “adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantu aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar IPA materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021”.
Downloads
References
Andrini, V.S. dkk. 2019. Pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom dan Project Based terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Fisika: Conf. Seri1171 (2019) 012010
Andrini, V.S. dkk. (2016). Efektivitas metode pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa: secara teoritis dan empiris ulasan. Jurnal Pendidikan dan Praktek , Vol. 7, No. 3
Chandra, F.H. dan Nugroho, Y.W. (2016). Implementasi student centered learning dengan memanfaatkan media pembelajaran digital dalam pembelajaran dengan menggunakan metode “flipped classroom”. Media Prestasi, Vol. XVIII, No,2, ISSN 1979-9225
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semangarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Nurhalimah, MY. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan masalah luas dan keliling trapesium dan belahketupat melalui pembelajaran daring selama kondisi Covid-19. UIN AR-RANIRY
Patmaningrum, A. (2020). Upaya meningkatkan pembelajaran matematika dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk, Volume 15, Nomor 1
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. semarang: Alfabeta.
Surat Edaran Mendikbud RI No. 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 sri-andayani sri-andayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0