Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Model Pendekatan Glasser Pada Materi Bangun Ruang Kubus Pada Kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v16i2.172Keywords:
model pendekatan glasser, kemampuan belajar siswa, bangun ruang kubusAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Yang menjadi subjek penelitan adalah siswa kelas VIII B SMPN 3 Nganjuk dengan jumlah 32 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian yaitu 75% dari siswa yang telah mencapai nilai minimum 75.
Peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII B SMPN 3 Nganjuk pada materi bangun ruang kubus melalui model pendekatan glasser dapat dilihat dari hasil tes yang mengalami peningkatan, pada tes akhir silklus I nilai rata-rata siswa 83,89 sedangkan pada tes akhir siklus II nilai rata-ratanya meningkat menjadi 91,43. Selain itu, pada prosentase ketuntasan juga mengalami peningkatan, yaitu pada sklus I prosentase ketuntasannya 75,86% sedangkan pada siklus II prosentase ketuntasannya meningkat menjadi 90,63%. Data tersebut membuktikan bahwa model pendekatan glasser dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas VIII B SMPN 3 Nganjuk pada materi bangun ruang kubus.
Downloads
References
Andrini, Vera Septi. (2018). The Effect of Flipped Classroom Model Through Handout and Virtual Approaches on Learning Outcomes for The Studens of Universitas Terbuka Who Have Different Level of Motivation. Global Journal of Pure and Aplied Mathematics, 13(7), 3145-3156. Diambil dari
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayuningtias, Eko Sefi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran R. Glasser Di Tinjau Dari Pemahaman Siswa Pada Pokok Bahasan Fungsi Kelas VIII SMP Negeri Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara Kediri 2017.
Depdiknas. (2006). Permendikbud No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Hamalik, Oemar. (2004). Kemampuan Belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kemendikbud. (2017). MATEMATIKA. Edisi Revisi. Jakarta: Kemendikbud.
Mujib, Abdul. (2002). Nuansa-nuansa Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nisa, Khaerun. (2017). Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Glasser Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Pada Siswa Kelas X SMKN 2 Watansoppeng Kab. Soppeng. Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makasar 2017.
Pada, Herlinda. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Glasser Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Pada Pokok Bahasan Konflik dan Kekerasan di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Kupang. Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kupang 2020.
Patmaningrum, Agustin. (2020). Analisis Kesulitan Mahasisw STKIP PGRI Nganjuk Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Abstrak Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Matematika. Dharma Pendidikan, 13(2), 13-22. Diambil dari
https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/articel/view/58
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Soenarjo, RJ. (2008). MATEMATIKA 5 : untuk SD/MI Kelas 5. Jakarta: Depdiknas.
Soetopo, Hendayat. (2005). Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah.
Sudjana, Nana. (2001). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
________. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto. (2007). Proses Belajar Mengajar Disekolah. Jakarta: PT. Rineka Capta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dian Khoirun Nisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0