Peningkatan Pemahaman Materi Pembelajaran Metode Pencatatan Persediaan Barang Dagang Melalui Optimalisasi Metode Penugasan Task Force-Kontekstual Mata Pelajaran Ekonomi

Penulis

  • Unik Pergiwati

Kata Kunci:

Pemahaman Materi Pencatatan Persediaan Barang Dagang, Metode Penugasan Task Force-Kontekstual

Abstrak

Metode Penugasan Task Force-Kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat yang dirangkai dalam model pembelajaran Kelompok Orientasi. Penelitian ini secara prosedural menggunakan sistematika atau tata urutan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian ini sangat sejalan dengan peran dan fungsi guru yang senantiasa untuk melakukan tindakan korektif pada setiap pasca kegiatan belajar mengajar (KBM). Permasalahan yang muncul dan berkembang dalam penelitian ini dirumuskan dalam sebagai berikut : (1) bagaimanakah meningkatkan pemahaman materi pembelajaran Pencatatan Persediaan Barang Dagang siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan Metode Penugasan Task Force-Kontekstual? dan (2) apakah usaha peningkatan pemahaman materi pembelajaran Pencatatan Persediaan Barang Dagang siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan Metode Penugasan Task Force-Kontekstual menunjukkan hasil yang memuaskan. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning CTL) ini guru dapat mengupayakan peningkatan pemahaman materi pembelajaran Pencatatan Persediaan Barang Dagang siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018. Pemahaman Materi Pencatatan Persediaan Barang Dagang

Referensi

Arjana, Putu. 2003. Ragam Pendekatan Pembelajaran Rekreatif. Makalah Pengelolaan Kelas Interaktif Berbasis Kontekstual di Kotamadya Mojokerto, tanggal 11 Agustus 2003.

Budianto, Wiryawan. 1999. Pengembangan IQ dan EQ Model Pendekatan Pembelajaran, Jakarta : Beringin Press.

Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning CTL), Jakarta : Depdiknas.

Kemnis, S. 1988. Rancangan Penelitian Tindakan (Terjemahan), Bandung : Asy Syifa.

Priyambodo, Achmad Joko. 1995. Pembelajaran Kontekstual : Acuan, Penerapan, dan Assesman, dibacakan dalam Seminar Sehari Peran Media Belajar : Aplikasi dan Kreatifitas Guru tanggal 02 Oktober 1995 di Malang.

Rahman, Arief. 2000. Sistem Pendidikan Indonesia: Potret Realitas Manajemen yang Mengambang, Yogyakarta : Lentera.

Sukoco, Padmo. 2002. Penelitian Kualitatif: Metodologi, Aplikasi, dan Evaluasi, Jakarta : Gunung Agung.

Surakhmad, Iwanurif. 1990. Mengembangkan Pendidikan di Lingkungan Keluarga, Yogyakarta : Yayasan Obor.

Suriah, N. 2003. Penelitian Tindakan, Malang : Bayu Media Publishing.

Suryaman, Maman. 1990. Kerangka Acuan Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi, Bandung : Angkasa.

Sutanto, Elyana. 2002. Membangun Kepribadian Anak, Jakarta : Gunung Agung.

Wibawa, B. 2003. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-17

Cara Mengutip

Pergiwati, U. (2022). Peningkatan Pemahaman Materi Pembelajaran Metode Pencatatan Persediaan Barang Dagang Melalui Optimalisasi Metode Penugasan Task Force-Kontekstual Mata Pelajaran Ekonomi. Dharma Pendidikan, 16(2), 25 - 33. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/167