Peningkatan Pemahaman Materi Pembelajaran Metode Pencatatan Persediaan Barang Dagang Melalui Optimalisasi Metode Penugasan Task Force-Kontekstual Mata Pelajaran Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v16i2.167Keywords:
Pemahaman Materi Pencatatan Persediaan Barang Dagang, Metode Penugasan Task Force-KontekstualAbstract
Metode Penugasan Task Force-Kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat yang dirangkai dalam model pembelajaran Kelompok Orientasi. Penelitian ini secara prosedural menggunakan sistematika atau tata urutan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian ini sangat sejalan dengan peran dan fungsi guru yang senantiasa untuk melakukan tindakan korektif pada setiap pasca kegiatan belajar mengajar (KBM). Permasalahan yang muncul dan berkembang dalam penelitian ini dirumuskan dalam sebagai berikut : (1) bagaimanakah meningkatkan pemahaman materi pembelajaran Pencatatan Persediaan Barang Dagang siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan Metode Penugasan Task Force-Kontekstual? dan (2) apakah usaha peningkatan pemahaman materi pembelajaran Pencatatan Persediaan Barang Dagang siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan Metode Penugasan Task Force-Kontekstual menunjukkan hasil yang memuaskan. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning CTL) ini guru dapat mengupayakan peningkatan pemahaman materi pembelajaran Pencatatan Persediaan Barang Dagang siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018. Pemahaman Materi Pencatatan Persediaan Barang Dagang
Downloads
References
Arjana, Putu. 2003. Ragam Pendekatan Pembelajaran Rekreatif. Makalah Pengelolaan Kelas Interaktif Berbasis Kontekstual di Kotamadya Mojokerto, tanggal 11 Agustus 2003.
Budianto, Wiryawan. 1999. Pengembangan IQ dan EQ Model Pendekatan Pembelajaran, Jakarta : Beringin Press.
Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning CTL), Jakarta : Depdiknas.
Kemnis, S. 1988. Rancangan Penelitian Tindakan (Terjemahan), Bandung : Asy Syifa.
Priyambodo, Achmad Joko. 1995. Pembelajaran Kontekstual : Acuan, Penerapan, dan Assesman, dibacakan dalam Seminar Sehari Peran Media Belajar : Aplikasi dan Kreatifitas Guru tanggal 02 Oktober 1995 di Malang.
Rahman, Arief. 2000. Sistem Pendidikan Indonesia: Potret Realitas Manajemen yang Mengambang, Yogyakarta : Lentera.
Sukoco, Padmo. 2002. Penelitian Kualitatif: Metodologi, Aplikasi, dan Evaluasi, Jakarta : Gunung Agung.
Surakhmad, Iwanurif. 1990. Mengembangkan Pendidikan di Lingkungan Keluarga, Yogyakarta : Yayasan Obor.
Suriah, N. 2003. Penelitian Tindakan, Malang : Bayu Media Publishing.
Suryaman, Maman. 1990. Kerangka Acuan Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi, Bandung : Angkasa.
Sutanto, Elyana. 2002. Membangun Kepribadian Anak, Jakarta : Gunung Agung.
Wibawa, B. 2003. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Unik Pergiwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0