Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Memory Songs Melalui Strategi Choral Speaking And Reading Dengan Media Powerpoint Pada Siswa Kelas XI MIPA 5 Semester 2 SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v16i2.166Keywords:
strategi choral speaking and reading, media powerpoint, kepercayaan diri, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan hasil belajar Bahasa Inggris materi memory songs pada siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 3 Sukoharjo pada semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui strategi choral speaking and reading dengan media powerpoint. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas XI MIPA 5 yang berjumlah 36 siswa.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Data empiris hasil penelitian menunjukkan: 1) Melalui strategi choral speaking and reading dengan media powerpoint dapat meningkatkan kepercayaan diri dari kondisi menunjukkan aspek Semangat dalam mengikuti pembelajaran 56%, Yakin dengan kemampuannya 61%, Berani mencoba hal-hal baru 42%, dan Mengemukakan pendapat dalam diskusi 42% ke kondisi siklus I aspek Semangat dalam mengikuti pembelajaran 81%, Yakin dengan kemampuannya 67%, Berani mencoba hal-hal baru 47%, dan Mengemukakan pendapat dalam diskusi 75%. Meningkat lagi ke kondisi akhir pada siklus II aspek Semangat dalam mengikuti pembelajaran 94%, Yakin dengan kemampuannya 78%, Berani mencoba hal-hal baru 64%, dan Mengemukakan pendapat dalam diskusi 97%; 2) Melalui strategi choral speaking and reading dengan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris materi memory songs dari kondisi awal rata-rata 67.2 dengan ketuntasan 38.9% ke kondisi siklus I nilai rata-rata 69.7 dengan ketuntasan 66.7%. Meningkat lagi ke kondisi akhir pada siklus II nilai rata-rata 85.3 dengan ketuntasan 100% pada siswa kelas XI MIPA 5 semester 1 SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Disimpulkan, melalui strategi choral speaking and reading dan media powerpoint dapat meningkatkan kepercayaan diri dan hasil belajar Bahasa Inggris materi memory songs pada siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 3 Sukoharjo pada semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019.
Downloads
References
Angelis, B. 2003. Confidence (Percaya Diri) Sumber Sukses Dan Kemandirian. Cetakan ketujuh. Jakarta: Gramedia pustaka utama.
Davidson, J. 2004. Overcome Doubts, Build Self-Confidence. Office Pro Journal. Kansas City. Vol.64; 6-16.
Djuharie, S. 2005. Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: CV Yrama Widya.
Ebo, A. K. 2005. Menulis Nggak Perlu Bakat. Jakarta: MU3 Book.
Fatimah, E. 2006. Psikologi perkembangan: perkembangan peserta didik. Bandung : Pustaka Setia.
Febrian, Jack. 2004. Pengantar Komputer dan Teknologi Informasi. Bandung: Informatika.
Hartanti, Yuwanto L, Pambudi I, Zaenal T, & Lasmono H. 2004. Aspek Psikologis dan Pencapaian Prestasi Atlet Nasional Indonesia. Anima Indonesian Psychological Journal Vol 20, No: 1, 40-54.
Hartomo Edi, Pandoyo, & Endang Widyastuti. 2010. Buku Pegangan Guru
Olahraga Seri Senam. Semarang: Aneka Ilmu.
Haryadi & Zamzani. 2000. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Universias Terbuka.
Lie, A. 2003. 1001 Cara menumbuhkan rasa percaya diri anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Luxori, Y. 2005. Percaya diri. Jakarta: Khalifa.
Mirhan, Jeane Betty Kurnia Jusuf. 2016. Hubungan Antara Percaya Diri dan Kerja Keras Dalam Olahraga dan Keterampilan Hidup. Jurnal Olahraga Prestasi, Volume 12, Nomor 1, Januari 2016
Panjaitan, Mutiara O. 2010. Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Nomor 3, hlm.311 – 324.
Pranoto, N. 2004. Creative Writing: 72 Jurus Seni Mengarang. Jakarta: PT. Primadia Pustaka.
Setyobroto, S. 2002. Psikologi Olah Raga. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Slamet & Amir. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Bahasa Lisan dan Bahasa Tertulis). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Stoodt, B. D., Amspaugh, L. B., & Hunt, J. 1996. Children's literature: Discoveryfor a lifetime. Scottsdale, AZ: Gorsuch Scarisbrick.
Subyakto. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pembelajar. Jakarta: Tugu Publisher.
Tarigan, H. G. 1990. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wood, T. 2011. Overcoming dyslexia for dummies. London: John Wiley & Sons.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Endang Sri Suyamti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0