Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mengembangkan Life Skills Peserta Didik di MAN 1 Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v16i1.161Keywords:
Manajemen Berbasis Sekolah, Life SkillsAbstract
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan berbagai prinsip dan karakteristiknya diharapkan mampu menjawab tantangan pendidikan yang dialami selama ini. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan MBS dalam mengembangkan life skills peserta didik. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan MBS mampu mendukung efektivitas pengembangan life skills peserta didik melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dimana untuk mengembangkan academic skill peserta didik melalui integrasi pada setiap mata pelajaran dan program bimbel, untuk mengembangkan vocational skill melalui mulok keterampilan serta untuk mengembangkan personal skill dan social skill peserta didik melalui kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Departemen Agama. Pedoman Integrasi Life Skill dalam Pembelajaran di MA. Jakarta: Ditjen Bagais, 2005.
E. Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
J. Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Ma’mur Asmani, Jamal. “Sekolah Life Skills” Lulus Siap Kerja!. Jogjakarta: DIVA Press, 2009.
Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2009.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Cipta Umbara, 2003.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Toyibatus Sya’odah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0