Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Limit Fungsi Aljabar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v16i1.160Keywords:
Metode Drill, Matematika, Limit Fungsi AljabarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh penerapan metode drill terhadap hasil belajar pokok bahasan Limit Fungsi Aljabar pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017. Desain penelitian ini adalah one group pre post test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 38 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan selama 8 kali pertemuan serta dilakukan pre test dan post test. Hasil pre test dari total 38 siswa sebelum diberi metode drill dalam pembelajaran limit fungsi aljabar, diketahui bahwa sebagian besar yaitu sebanyak 36 siswa (94,7%) memiliki nilai < 75 atau berada pada kategori belum memenuhi ketuntasan belajar. Hasil post test dari total 38 siswa, sebelum diberi metode drill dalam pembelajaran limit fungsi aljabar, diketahui bahwa sebagian besar yaitu sebanyak 30 siswa (78,9%) memiliki nilai 75-100 atau berada pada kategori sudah memenuhi ketuntasan belajar. Hasil pengujian hipotesis dengan teknik Paired Sample T-Test diperoleh nilai T-hitung sebesar 5,551; sedangkan nilai T-tabel sebesar 2,042, sehingga nilai T-hitung > T-tabel. Dengan demikian, hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan metode drill terhadap hasil belajar pokok bahasan Limit Fungsi Aljabar pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019.
Downloads
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Ikramina. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Materi Peluang di Kelas X SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.
Kurniawan, Agus. 2015. Strategi Pembelajaran Matematika. Government of Indonesia (GoI) and Islamic Development Bank (IDB).
Lampiran Permendikbud nomor 59 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013.
Mujib, Abdul Muhaimin. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda. Karya.
Pramita, Dewiatmini. 2010. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ruseffendi. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 1991. Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta: FEUI.
Sugiyanto. 1993. Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta: Derpartemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Suherman, Erman. 2007. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Grafindo Persada.
Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Surakhmad, 1994. Pengantar Interaksi Mengajar Belajar. Bandung: Tarsito.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Zaenal Fuadi Dwi Ahmadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0