Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Dengan Aplikasi Quizizz
Kata Kunci:
Hasil Belajar, PPKn, Aplikasi QuizizzAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan media aplikasi Quizizz pada siswa kelas X-MIPA 1 di SMA Negeri 2 Nganjuk. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-MIPA 1 SMA Negeri 2 Nganjuk yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian berupa tes soal kuis di aplikasi Quizizz dan observasi langsung dalam proses pembelajaran. Adapun indikator keberhasilan tindakan untuk hasil belajar ditandai dengan ≥70% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥70. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Quizizz. Rata-rata hasil belajar sebesar 64,05 pada siklus I kemudian menjadi 86,35 pada siklus II. Prosentase siswa yang memperoleh nilai ≥70 mengalami peningkatan yakni 43,75% pada siklus I dan menjadi 78,125% pada siklus II.
Referensi
Anugrawati, S., & Hermansyah, T. (2020). Use of Quizizz Education Game Assessment Media Towards Students ’ Motivation in Online Learning. 3(November), 601–605.
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 261–272. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8242/4081
Rahayu, I. S. D., & Purnawarman, P. (2019). The Use of Quizizz in Improving Students’ Grammar Understanding through Self-Assessment. 254(Conaplin 2018), 102–106. https://doi.org/10.2991/conaplin-18.2019.235
Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37
Wulansari, M. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Quizizz Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Pokok Proklamasi Kememrdekaan Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. (online). http://repositori.unsil.ac.id/506/5/12.% 20BAB%20I.pdf
Diakses tanggal 12 Desember 2020.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Yunis Ayu Maulia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.