Upaya Komunitas Dalam Penguatan Karakter Warga Negara (Studi Kasus Pada Tunas Hijau di Surabaya)

Penulis

  • Lensi Megah Retta

Kata Kunci:

komunitas, pendidikan karakter, karakter peduli lingkungan

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya yang dilakukan oleh komunitas dalam penguatan karakter warga negara dan karakter yang terbentuk dari program tersebut. Tunas Hijau merupakan komunitas berbasis lingkungan sekaligus Lembaga Swadaya Masyarakat yang berada di kota Surabaya. Fokus penelitian adalah bagaimana penguatan karakter yang dilakukan oleh Tunas Hijau. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Penelitian ini memberikan hasil berupa upaya penguatan karakter yang dilakukan komunitas Tunas Hijau. Dimana upaya penguatan karakter dilakukan dengan beberapa program unggulan dan berkelanjutan, diantaranya desa binaan, ecopreneur, Surabaya eco school, dan ecomobile PJB challenge. Berdasarkan program tersebut, terdapat beberapa karakter yang terbentuk diantaranya karakter kreatif, mandiri, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Namun, dalam implementasinya yang cenderung dominan adalah karakter peduli lingkungan yang mana setiap program memberikan kontribusi dalam penguatan karakter peduli lingkungan. Penguatan karakter peduli lingkungan ini membuat warga negara atau masyarakat di kota Surabaya yang menjadi sasaran program dapat lebih peka dan bijak terhadap permasalahan lingkungan baik lingkungan sosial maupun alam.

Referensi

Al Muchtar, Suwarma. 2015. Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Gerzon, Mark. 2010. Global Citizens: Our Vision Of The Outdated This Is The Future. London: Random house.

Gusmadi, S. 2018. Keterlibatan Warga Negara ( Civic Engagement ) dalam Penguatan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1): 31–37.

Lickona, Thomas. 2012. Educating For Character: How Our Schools Can Teach Respect And Responsibility. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugroho, D. A. & S. 2017. Strategi Pemerintah Daerah Dalam Upaya Penguatan Ecological Citizenship Pada Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Di Kabupaten Sukoharjo. PKn Progresif, 12(2): 561–563.

Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Prasetyo, W. Heru & Budimansyah, Dasim. 2016. Warga Negara dan Ekologi: Studi Kasus Pengembangan Warga Negara Peduli Lingkungan dalam Komunitas Bandung Berkebun. Jurnal Pendidikan Humaniora. Vol. 4 No. 4, Hal. 177–186, Desember 2016.

Retta, L.M. 2019. The Role of Communities In Strengthening Environmental Care Characters: Case Study In The Indonesian Green Youth Coalition. Atlantis Press. Vol.418: 155-158.

Samani, Muchlas & Hariyanto. 2012. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saptono. 2013. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter: Wawasan, Strategi, Dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

https://tunashijau.id/ diakses pada 2019

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-11

Cara Mengutip

Megah Retta, L. . (2022). Upaya Komunitas Dalam Penguatan Karakter Warga Negara (Studi Kasus Pada Tunas Hijau di Surabaya). Dharma Pendidikan, 16(1). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/155