Peningkatan Prestasi Belajar PPKN Melalui Model Snowball Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Mujianto Mujianto SMK NEGERI 1 TANJUNGANOM

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v14i2%20Oktober.15

Keywords:

Model snowball, PPKn

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatanprestasi belajar PPKn dengan diterapkannya model snowball pada siswa Kelas XSMK Negeri 1 Tanjunganom tahun pelajaran 2018/2019?(b) Bagaimanakah pengaruh model snowball terhadap motivasi belajar PPKn pada siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom Tahun Pelajaran 2018/2019. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Mengetahui pengaruh motivasi belajar PPKn  setelah diterapkan model snowball pada siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom tahun pelajaran 2018/2019 (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar PPKn  setelah diterapkan model snowball pada siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom tahun pelajaran 2018/2019 (c) Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa Kelas XSMK Negeri 1 Tanjunganom tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XSMKNegeri 1 Tanjunganom Tahun Pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes,  dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64,60%), siklus II (77,00%), siklus III 88,90%).Simpulan dari penelitian ini adalah model pengajaran snowball dapat meningkatkanprestasi belajar PPKn siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PPKn khususnya, dan mata pelajaran lain pada umumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Azhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press.Universitas Negeri Surabaya.

Ramayulis, 2004. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published

2021-10-06

How to Cite

Mujianto, M. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar PPKN Melalui Model Snowball Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom Tahun Pelajaran 2018/2019. Dharma Pendidikan, 14(2 Oktober), 130–149. https://doi.org/10.69866/dp.v14i2 Oktober.15