Peningkatan Prestasi Belajar PPKN Melalui Model Snowball Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v14i2%20Oktober.15Keywords:
Model snowball, PPKnAbstract
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatanprestasi belajar PPKn dengan diterapkannya model snowball pada siswa Kelas XSMK Negeri 1 Tanjunganom tahun pelajaran 2018/2019?(b) Bagaimanakah pengaruh model snowball terhadap motivasi belajar PPKn pada siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom Tahun Pelajaran 2018/2019. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Mengetahui pengaruh motivasi belajar PPKn setelah diterapkan model snowball pada siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom tahun pelajaran 2018/2019 (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar PPKn setelah diterapkan model snowball pada siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom tahun pelajaran 2018/2019 (c) Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa Kelas XSMK Negeri 1 Tanjunganom tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XSMKNegeri 1 Tanjunganom Tahun Pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes, dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64,60%), siklus II (77,00%), siklus III 88,90%).Simpulan dari penelitian ini adalah model pengajaran snowball dapat meningkatkanprestasi belajar PPKn siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PPKn khususnya, dan mata pelajaran lain pada umumnya.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Azhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press.Universitas Negeri Surabaya.
Ramayulis, 2004. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mujianto Mujianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0