Peningkatan Prestasi Belajar PPKN Melalui Model Snowball Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom Tahun Pelajaran 2018/2019

Penulis

  • Mujianto Mujianto SMK NEGERI 1 TANJUNGANOM

Kata Kunci:

Model snowball, PPKn

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatanprestasi belajar PPKn dengan diterapkannya model snowball pada siswa Kelas XSMK Negeri 1 Tanjunganom tahun pelajaran 2018/2019?(b) Bagaimanakah pengaruh model snowball terhadap motivasi belajar PPKn pada siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom Tahun Pelajaran 2018/2019. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Mengetahui pengaruh motivasi belajar PPKn  setelah diterapkan model snowball pada siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom tahun pelajaran 2018/2019 (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar PPKn  setelah diterapkan model snowball pada siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom tahun pelajaran 2018/2019 (c) Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa Kelas XSMK Negeri 1 Tanjunganom tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XSMKNegeri 1 Tanjunganom Tahun Pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes,  dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64,60%), siklus II (77,00%), siklus III 88,90%).Simpulan dari penelitian ini adalah model pengajaran snowball dapat meningkatkanprestasi belajar PPKn siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PPKn khususnya, dan mata pelajaran lain pada umumnya.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Azhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press.Universitas Negeri Surabaya.

Ramayulis, 2004. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-06

Cara Mengutip

Mujianto, M. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar PPKN Melalui Model Snowball Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom Tahun Pelajaran 2018/2019. Dharma Pendidikan, 14(2 Oktober), 130 - 149. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/15