Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Koloid Pada Siswa Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018 Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Besarnya Minat Berwirausaha Siswa
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v14i2%20Oktober.14Keywords:
Es Krim, Minat Wirausaha, Pemahaman Konsep, Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek dengan produk es krim terhadap pemahaman konsep dan besarnya minat wirausaha siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI MIPA 5 SMA 1 Rejoso yang menerima pelajaran Kimia. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. yang terdiri atas empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI MIPA 5 SMA 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan meningkatkan pemahaman konsep dan besarnya minat berwirausaha siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes ketuntasan belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I, dan II yaitu masing-masing 61 % dan 89,7 %. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai sehingga tidak perlu diadakan siklus berikutnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia berbasis proyek dengan produk es krim berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa Kelas XI MIPA 5 materi koloid dan menumbuhkan minat wirausaha berkriteria kuat di SMA 1 Rejoso.
Downloads
References
Krismanto, A., 2006. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.
Larasati, K.Y., 2011. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman tumbuhan. Jurnal Pendidikan FPMIPA UPI, 2(1): 23-34. 246
Muliastawan, I.K., Suharsono, N. & Kirna, I.M., 2014. Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep dan keterampilan memperbaiki sistem tranmisi di SMK. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1): 111-25.
Musa, F., 2011. Project-Based Learning (PjBL): inculcating soft skills in 21st century workplace. Selangor
Nurohman, S., 2007. Pendekatan project based learning sebagai upaya internalisasi scientific method bagi mahasiswa calon guru fisika. Yogyakarta
Permendikbud, 2014. No 104 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.
Rais, M., 2010. Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft skills. In Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Surabaya
Sastrika, I.A.K., 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2): 20-32.
Sudjana, N., 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukanti, 2011. Penilaian afektif dalam pembelajaran akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9(1): 74-82.
Susilowati, I., 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia. Unnes Journal of Biology Education, 2(1): 82-90.
Trost, S.G., 2007. Active education: physical education, phisical activity and academic perfomance. Journal Active Living Research.
Widyaningsih, S.Y., Haryono & Saputro, S., 2012. Model MFI dan POGIL ditinjau dari aktifitas belajar dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar. Jurnal Inquiri Pasca UNS, 1(3): 266-75.
Wiyarsi, A. & Partana, C.F., 2009. Penerapan pembelajaran berbasis projek pada perkuliahan workshop pendidikan kimia untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa. Paedagogia, 1(12): 32-41.
Yasin, R.M. & Rahman, S., 2011. Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) in Promoting Education for Sustainable Development. In Procedia Social and Behavioral Sciences. Selangor
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yetty Tinari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0