Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Seni Budaya Dengan Pendekatan Joyful Learning Pada Siswa Kelas IX-G SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Wuryaningsih Wuryaningsih SMP Negeri 3 Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v14i2%20Oktober.13

Keywords:

aktivitas belajar, hasil belajar seni budaya, pendekatan joyful learning, Dipilih: aktivitas belajar

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar seni budaya siswa kelas IX-G menggunakan pendekatan joyful learning di SMP Negeri 3 Nganjuk.

Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, diawali dengan menyusun rencana dan jadwal kegiatan, merancang instrumen penelitian dan merancang langkah-langkah pembelajaran yang akan diterapkan selama penelitian berlangsung, kemudian dilakukan pelaksanaan tindakan, diteruskan dengan analisis dan refleksi untuk menentukan tindakan pada siklus berikutnya.

Hasil yang didapatkan dari pembelajaran tersebut adalah terjadi peningkatan minat dari pra siklus 72,50% menjadi 82,67% pada pasca siklus dengan kriteria tinggi. Aktivitas belajar juga mengalami peningkatan dari pra siklus 71,76% menjadi 83,58% pada pasca siklus dengan kriteria aktivitas tinggi. Minat dan aktivitas belajar yang meningkat diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa yang awalnya ketuntasan belajar klasikal hanya 62,16% menjadi 78,38% pada pasca siklus. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa penerapan pendekatan joyful learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX-G di SMP Negeri 3 Nganjuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badiran, Muhammad. 2003. Bunga rampai kajian seni rupa. Semarang: UPT Unnes Press.

Ching, Francis D. K. 2002. Menggambar Suatu proses Kreatif. Jakarta: Erlangga

Direktorat Pendidikan Menengah Umum 1999. Penelitian Tindakan.Jakarta: Depar temen Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 2003. Kurikulum 2004 SMP Mata Pelajaran Kesenian. Jakarta: Departemen Pendidikan danKebudayan.

Kartika, Dharsono Sony. 2004. Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.

Mulyana, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2002. Skala Pengukuran : Variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sachari, Agus.2004. Seni Rupa dan Desain untuk SMA. Jakarta: Erlangga

Sahman, Humar.1993. Mengenali Dunia Seni Rupa. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sakri, Adjat.2008. Pendidikan Seni Rupa : Buku Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Susanto, Mikke. 2002. Diksi Rupa. Yogyakarta: Kanisius.

Published

2021-10-06

How to Cite

Wuryaningsih, W. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Seni Budaya Dengan Pendekatan Joyful Learning Pada Siswa Kelas IX-G SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Dharma Pendidikan, 14(2), 102–113. https://doi.org/10.69866/dp.v14i2 Oktober.13