Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Seni Budaya Dengan Pendekatan Joyful Learning Pada Siswa Kelas IX-G SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v14i2%20Oktober.13Keywords:
aktivitas belajar, hasil belajar seni budaya, pendekatan joyful learning, Dipilih: aktivitas belajarAbstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar seni budaya siswa kelas IX-G menggunakan pendekatan joyful learning di SMP Negeri 3 Nganjuk.
Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, diawali dengan menyusun rencana dan jadwal kegiatan, merancang instrumen penelitian dan merancang langkah-langkah pembelajaran yang akan diterapkan selama penelitian berlangsung, kemudian dilakukan pelaksanaan tindakan, diteruskan dengan analisis dan refleksi untuk menentukan tindakan pada siklus berikutnya.
Hasil yang didapatkan dari pembelajaran tersebut adalah terjadi peningkatan minat dari pra siklus 72,50% menjadi 82,67% pada pasca siklus dengan kriteria tinggi. Aktivitas belajar juga mengalami peningkatan dari pra siklus 71,76% menjadi 83,58% pada pasca siklus dengan kriteria aktivitas tinggi. Minat dan aktivitas belajar yang meningkat diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa yang awalnya ketuntasan belajar klasikal hanya 62,16% menjadi 78,38% pada pasca siklus. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa penerapan pendekatan joyful learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX-G di SMP Negeri 3 Nganjuk.
Downloads
References
Badiran, Muhammad. 2003. Bunga rampai kajian seni rupa. Semarang: UPT Unnes Press.
Ching, Francis D. K. 2002. Menggambar Suatu proses Kreatif. Jakarta: Erlangga
Direktorat Pendidikan Menengah Umum 1999. Penelitian Tindakan.Jakarta: Depar temen Pendidikan dan Kebudayaan.
Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 2003. Kurikulum 2004 SMP Mata Pelajaran Kesenian. Jakarta: Departemen Pendidikan danKebudayan.
Kartika, Dharsono Sony. 2004. Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.
Mulyana, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2002. Skala Pengukuran : Variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sachari, Agus.2004. Seni Rupa dan Desain untuk SMA. Jakarta: Erlangga
Sahman, Humar.1993. Mengenali Dunia Seni Rupa. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sakri, Adjat.2008. Pendidikan Seni Rupa : Buku Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Susanto, Mikke. 2002. Diksi Rupa. Yogyakarta: Kanisius.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Wuryaningsih Wuryaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0