Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Perpaduan Permainan Edukatif Talking Stick Siswa Kelas X IPS-1 SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019

Penulis

  • Puji Astuti

Kata Kunci:

Motivasi belajar, Prestasi belajar, Student Team Achievement Divisions, Talking Stick

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas X IP S-1 SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui model pembelajajaran kooperatif teknik Student Teams Achievement Divisions dengan permaianan edukatif talking stick.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini bersifat partisipatif dan kolaboratif, sehingga peneliti sebagai pengamat dan guru mata pelajaran sebagai pelaksana tindakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi.

Motivasi peserta didik dilihat dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan pada motivasi belajar peserta didikpada setiap siklusnya. Pada observasi, skor meningkat sebesar 15,23%. Hasil dari angket juga mengalami peningkatan sebesar 5,78%. Sehingga peningkatan rata-rata skor secara keseluruhan sebesar 10,5%. Prestasi belajar peserta didik diukur dengan menggunakan tes tertulis menggunakan soal pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar dari sklus I ke siklus II. Peningkatan prestasi belajar ditandai dengan bertambahnya peserta didik yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan. Persentase peningkatan prestasi belajar peserta didik secara keseluruhan sebesar 65,97%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions dengan perpaduan permainan edukatif talking stick dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar ekonomi peserta didik Kelas X IPS-1 SMA Negeri 3 Nganjuk

Referensi

Astuti, I.P (2008) Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Ekonomi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tekhnik STAD (Student Team Achivement Divisions) di kelas X SMA N 1 Muntilan” Yogjakarta : FE UNY

Islami, I.N. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Divisions (STAD) dengan Perpaduan Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta : FE UNY

Nana Sujana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers, 2010, PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Utami, W. Dkk. (2018). Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wiriatmadja, R. (2007). Model Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-07

Cara Mengutip

Astuti, P. (2021). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Perpaduan Permainan Edukatif Talking Stick Siswa Kelas X IPS-1 SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Dharma Pendidikan, 15(2), 114 - 124. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/117