Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Perpaduan Permainan Edukatif Talking Stick Siswa Kelas X IPS-1 SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v15i2.117Keywords:
Motivasi belajar, Prestasi belajar, Student Team Achievement Divisions, Talking StickAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas X IP S-1 SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui model pembelajajaran kooperatif teknik Student Teams Achievement Divisions dengan permaianan edukatif talking stick.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini bersifat partisipatif dan kolaboratif, sehingga peneliti sebagai pengamat dan guru mata pelajaran sebagai pelaksana tindakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi.
Motivasi peserta didik dilihat dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan pada motivasi belajar peserta didikpada setiap siklusnya. Pada observasi, skor meningkat sebesar 15,23%. Hasil dari angket juga mengalami peningkatan sebesar 5,78%. Sehingga peningkatan rata-rata skor secara keseluruhan sebesar 10,5%. Prestasi belajar peserta didik diukur dengan menggunakan tes tertulis menggunakan soal pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar dari sklus I ke siklus II. Peningkatan prestasi belajar ditandai dengan bertambahnya peserta didik yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan. Persentase peningkatan prestasi belajar peserta didik secara keseluruhan sebesar 65,97%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions dengan perpaduan permainan edukatif talking stick dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar ekonomi peserta didik Kelas X IPS-1 SMA Negeri 3 Nganjuk
Downloads
References
Astuti, I.P (2008) Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Ekonomi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tekhnik STAD (Student Team Achivement Divisions) di kelas X SMA N 1 Muntilan” Yogjakarta : FE UNY
Islami, I.N. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Divisions (STAD) dengan Perpaduan Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta : FE UNY
Nana Sujana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers, 2010, PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Utami, W. Dkk. (2018). Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Wiriatmadja, R. (2007). Model Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Puji Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0