Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Media Bantu Tembok Sasaran Pada Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v14i2%20Oktober.11Keywords:
alat bantu, passing bawah, Peningkatan hasil belajar, tembok sasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui media bantu tembok sasaran pada siswa kelas VIII-E SMP Negeri 3 Nganjuk pada tahun pelajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian kemampuan passing bawah bola voli. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif yang didasarkan pada prosentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran dengan media bantu tembok sasaran sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII-E SMP Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar passing bawah bola voli sebelum adanya pembelajaran ini yaitu 10 siswa tuntas belajar (31,25%), pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa tuntas belajar (53,13%) dan pada siklus II juga meningkat menjadi 28 siswa tuntas belajar (87,50%).
Downloads
References
Agus Kristiyanto, 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga. UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).
Arsyad, Azhar. 2005, Media Pembelajaran, ed. I, cet. 6, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dieter Beutelstahl, (2008). Belajar Bermain Bola Volley, Bandung, CV. Pionir Jaya.
Dimyati, &Mudjiono (2003). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Kemdikbud 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sunarji Sunarji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0