Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Kompetensi Dasar Menentukan Himpunan Penyelesaian Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Melalui Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Bagi Siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 1 Lengkong Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018
Kata Kunci:
kemampuan, kreativitas, metode pembelajaran (Direct Instruction), produktivitasAbstrak
Untuk mengatasi masalah rendahnya daya serap siswa terhadap matematika, diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. salah satunya dengan metode pembelajaran Menentukan Himpunan Penyelesaian Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Melalui Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Bagi Siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 1 Lengkong Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata nilai hasil belajar matematika siswa yang sebelum dan siswa yang sesudah diterapkan menggunakan metode pembelajaran (Direct Instruction) mengalami peningkatan dari 64,32 menjadi 96 sehingga disimpulkan “ada peningkatan hasil belajar matematika menggunakan metode pembelajaran (Direct Instruction).
Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan memperbaiki metode pembelajaran. Karena metode pembelajaran merupakan hal yang utama dalam pendidikan. Dalam proses pembelajaran akan selalu berkaitan dengan peran guru sebagai pendidik. Peran guru tidak hanya mentransfer ilmunya kepada siswa tetapi juga mengajak anak didiknya untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki dengan memberi contoh yang baik. Sekarang banyak di jumpai guru yang pintar, bergelar tinggi bahkan sudah sertifikasi, namun dalam menyampaikan ilmunya kepada siswa belum mampu membuat produktivitas, kreativitas, dan kemampuan pemahaman siswa berkembang secara optimal.
Referensi
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong. Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2003. Belajar & Faktor – faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suharsimi, Arikunto dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Susilo. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. Pustaka Book Publisher
Sutama. 2011. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Semarang: Citra Mandiri Utama.