Pengaruh Kesadaran Politik Mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk Tahun 2015-2016 Terhadap Tingkat Partisipasi Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Nganjuk Tahun 2013

Penulis

  • Ratna Pramitasari
  • Yudha Harnanto STKIP PGRI Nganjuk

Kata Kunci:

Kesadaran Politik, Pemilihan Kepala Daerah

Abstrak

Generasi muda merupakan generasi pewaris nilai-nilai luhur budaya bangsa, dan penerus cita-cita bangsa serta insan pembangunan termasuk di dalamnya mahasiswa. Memahami kesadaran politik mahasiswa sebagai pemilih pemula dalam pemilihan kepala daerah perlu kiranya diaktualisasikan melalui pembelajaran yang melibatkan langsung diri mahasiswa terhadap fenomena sosial yang terjadi di lingkungan anggota dan aktivitas keluarga atau masyarakat.Dalam mengkaji rendahnya partisipasi politik mahasiswa, sangat mungkin terjadi karena peran partai politik dalam pendidikan politik warga negara masih masif, dan sangat menggantungkan kepada pemerintah melalui pendidikan formal. Pelaksanaan pemilihan kepala daerah sebagai perwujudan demokrasi Pancasila merupakan wahana pemanfaatan hak politik warga negara yang dijamin, oleh peraturan perundangan perlu ditingkatkan partisipasi politiknya. Pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara langsung oleh rakyat merupakan suatu proses politik di daerah menuju kehidupan politik yang lebih demokratis dan bertanggung jawab.Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif dan kualitatif. Tempat penelitian yang digunakan adalah STKIP PGRI NGANJUK, sedangkan subyek penelitian adalah kesadaran politik mahasiswa dan pemilihan kepala daerah. Obyek penelitiannya adalah mahasiswa STKIP PGRI NGANJUK program studi Pendidikan Kewarganegaraan. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisis statistik yaitu teknik kolerasi, setelah diperoleh hasil observasi selanjutnya adalah menginterprestasikan nilai “r” hasil observasi dengan cara mengkonsultasikan denga nilai “r” product, yang ada pada tabel dengan batas penolakan N=40. Ternyata hasil yang diperoleh setelah dikonsultasikan 5% sebesar 0,312 dan untuk taraf signifikansi 1% sebesar 0,403. Dengan demikian ternyata nilai hasil observasi lebih besar dari nilai yang ada dalam tabel, maka hipotesis kerja yang diajukan dapat diterima dan menolak hipotesis nihil (Ho).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang positif antara kesadaran politik mahasiswa STKIP PGRI NGANJUK tahun 2015-2016 terhadap tingkat partisipasi pemilihan kepala daerah di Kabupaten Nganjuk tahun 2013.

Referensi

Sitepu 2012.Student Government. Bogor : Ghalia Indonesia.

Kosasih. 2011.Partisipasi Politik Mahasiswa. Semarang : Rajawali Perss.

Joko J. Prihatmoko. 2013. Pemilihan Kepala Daerah. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Undang-Undang nomer 8 tahun 2015, tentang “pemerintahan daerah sebagai acuan dasar, dan sekaligus menandakan pemilihan kepala daerah”.

Putra. 2014. Pergulatan Politik. Semarang : Rajawali Perss.

Bakry. 2011.Filsafat Negara Pancasila. Jakarta : Rineka Cipta.

Darmodiharjo. 2012.Demokrasi Indonesia. Yogjakarta : Rajawali Perss.

Leo Agustino. 2013. Kesantunan Politik. Bogor : Ghalia Indonesia.

Polma. 2013. Partisipasi Politik Mahasiswa. Bogor : Ghalia Indonesia.

Arikunto. 2010. Statistik Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

M.Taopan. 2011.Kesadaran Politik. Jakarta : Rineka Cipta.

Undang-Undang pasal 10 nomor 8 tahun 2015, menyatakan tentang “pengesahan kepala daerah dan wakil kepala daerah”.

Undang-Undang nomor 8 tahun 2015 dalam pasal 1 sampai dengan pasal 7, berisi tentang “prosedur dan mekanisme pemilihan kepala daerah”.

Undang-Undang nomor 8 tahun 2015, tentang “pemerintahan daerah” khususnya pada pasal 3 ayat (1) dikemukakan bahwa, “masa persiapan pemilihan kepala daerah berpedoman pada peraturan daerah”.

Umberto. 2012. Pandangan Politik. Bogor : Ghalia Indonesia.

Hamit Darmadi. 2011. Hipotesis.Semarang : Rajawali Perss.

Sugiyono. 2012. Teknik Kuantitatif. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Arikunto. 2010.Variabel Penelitian.Jakarta : Rineka Cipta.

Hamit Darmadi. 2011.Teknik Analisis Data.PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-01

Cara Mengutip

Pramitasari, R., & Harnanto, Y. . (2021). Pengaruh Kesadaran Politik Mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk Tahun 2015-2016 Terhadap Tingkat Partisipasi Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Nganjuk Tahun 2013. Dharma Pendidikan, 14(1), 49 - 55. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/100