PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PERBANKAN DASAR SISWA KELAS X DI SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Keywords:
Kecanduan Game Online, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kecanduan game online terhadap mata pelajaran perbankan dasar siswa kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mengatahui prestasi belajar mata pelajaran perbankan dasar siswa kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) Untuk mengetahui pengaruh kecanduan game online terhadap prestasi belajar mata pelajaran perbankan dasar siswa kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan peneltian korelasional. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas X yang berjumlah 100 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X AKL 2 sejumlah 30 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan tes tertulis. Teknik yang digunakan untuk mengalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data korelasi product moment. Berdasarkan dari hasil analisis yang diperoleh pada penelitian yang dilakukan penulis bahwa hasil angket dan hasil tes kecanduan game online terhadap prestasi belajar mata pelajaran perbankan dasar yang diperoleh (menggunakan rumus korelasi product moment). Diperoleh rhitung = 0,581 sedangkan rtabel dengan taraf signifikan 5% untuk n sebanyak 30 (jumlah sampel) dan dk=29 adalah 0,367. dapat disimpulkan bahwa rhitung (0,581) > rtabel (0,367). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini terbukti ada pengaruh game online terhadap prestasi belajar mata pelajaran perbankan dasar siswa kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0