Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswakelas VII SMP Se-Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017

Penulis

  • Reza Dimas Pravangasta Perdana

Kata Kunci:

Emotional Intelligence, Pembelajaran Langsung, Prestasi Belajar Matematika, TAI

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosi siswa (EI). Model pembelajaran yang digunakan adalah Teams Assisted Individualization (TAI) dan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri di Nganjuk tahun 2016/2017. Stratified cluster random sampling digunakan untuk mengumpulkan sampel. Dua cara Anova dengan desain faktorial 2x3 digunakan untuk uji hipotesis. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan: (1) siswa yang diberi TAI memiliki prestasi lebih baik daripada mereka yang diberi pembelajaran langsung (2) tinggi Siswa EI memiliki prestasi yang lebih baik daripada siswa EI menengah dan rendah, siswa EI tengah memiliki prestasi yang sama dengan siswa EI rendah, (3) pada TAI pembelajaran langsung; siswa EI tinggi memiliki prestasi yang lebih baik daripada siswa EI menengah dan rendah, siswa EI tengah memiliki prestasi yang sama dengan siswa EI rendah, (4) di EI tinggi, menengah dan rendah, siswa yang diberi TAI memiliki prestasi yang lebih baik daripada mereka yang diberikan pembelajaran langsung.

Referensi

Abdullah, M. C., Elias, H., Mahyuddin, R., and Uli, J. 2004. Emotional Intelligence and Academic Achievement Among Malaysian Secondary Student. Pakistan Journal of Psychological Research, Vol.19(3-4): 105-121.

Adeneye, O.A.A., Abayomi, A.A., and Awofala, A.A. 2013. Effects Of Framing And Team Assisted Individualised Instructional Strategies On Senior Secondary School Students’ Attitudes Toward Mathematics. Acta Didactica Napocensia, Vol.6(1): 1-22.

Ajaja, O.P. and Eravwoke, O.U. 2010. Effects of Cooperative Learning Strategy on Junior Secondary School Students Achievement in Integrated Science. Electronic Journal of Science Education, Vol.14(1):1-18.

Maria, C.A., Elias, H., Mahyuddin, R., and Uli, J. 2004. Emotional Intelligence and Academic Achievement Among Malaysian Secondary Students. PakistanJournal of Psycological Research. Vol. 19(3-4): 105-121.

Desi Gita Andriani. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Dan Think Pair Share Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VI SMP Se-Kota Kediri Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis Tidak Diterbitkan. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Egodawatte, G. 2009. Secondary School Students’ Misconceptions in Algebra. Acta Didactica Napocensia, Vol.2(4): 101-106.

Endang Hariyati. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Multiple Intelligences Siswa SMP Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Fitriani T. D., Wawan W., dan Heli S. H. M. 2013. Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Pada Topik Aplikasi Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. Vol.1(1): 11-17.

Herman Hudojo. 2005. Pembelajaran Matematika. Malang : Penerbit Universitas Negeri Malang.

Idris Umar, Soesamto, dan Sunyoto. 2013. Perbedaan Hasil Belajar K3 Menggunakan Model Pembelajaran TSTS Dan NHT. Journal of Mechanical Engineering Learning. JMEL 2 (1)

Nanndo Yannuansa. 2011. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dengan Pendekatan KontekstualDitinjau Dari Gaya Belajar Pokok Bahasan Bangun Ruang Pada Siswa Kelas VIII SMP Se-Kota Kediri. Tesis Tidak Diterbitkan. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Nwadinigwe, I.P., and Azuka-Obieke, A. 2012. The Impact of Emotional Intelligence on Academic Achievement of Senior Secondary School Students in Lagos, Nigeria. Journal of Emerging Trendin Educational Research and Policy Studie. Vol.3(4): 395-401.

Nyman, R. 2015. Indicators of student engagement: What teachers notice during introductory algebra lessons. International Journal for Mathematics Teaching and Learning. ISSN 1473 – 0111.

Ogundokun, M.O. and Adeyemo, D.A.2012 . Emotional Intelligence And Academic Acievement : The Moderating Influence Of Age, Intrinsic and Ekstrinsic Motivation. An Online Journal of The African Education, Vol.10(2): 127-141.

Patton, B. 2012. Analyzing Algebraic Thinking Using “Guess My Number” Problems. International Journal of Instruction. Vol.5(1): 5-22.

Zulkardi Misdalina dan Purwoko. 2009. Pengembangan Materi Integral untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3. No. 1. Hlm. 61-74.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-05

Cara Mengutip

Perdana, R. D. P. (2021). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswakelas VII SMP Se-Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017. Dharma Pendidikan, 12(2), 82 - 92. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/37