Pembelajaran Ekonomi: Perbandingan Kebutuhan Media Pembelajaran Di SMA Kecamatan Nganjuk Dan Kecamatan Loceret
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Pembelajaran EkonomiAbstrak
Pembelajaran di era modern ini sudah banyak menggunakan teknologi membantu guru dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan kebutuhan media pembelajaran ekonomi di SMA Kecamatan Nganjuk dan Kecamatan Loceret. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui wawancara dan pengisian angket oleh guru yang mengajar pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 Agustus 2019 dan 19 September 2019. Tempat penelitian yaitu berada di SMA Negeri 1 Nganjuk dan SMA Negeri 1 Loceret. Hasil Penelitian menunjukan bahwa media yang dibutuhkan di SMA Negeri 1 Nganjuk berupa papan bergaris sedangkan di SMA Negeri 1 Loceret dibutuhkan media berupa kartu. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan media yang dibutuhkan masih sederhana.
Referensi
Ali,Muhammad. 2002. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arsyad,Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Falahudin Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. 1(4):104-117.
Sadiman Arief dkk. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Setiadi,Hari. 2013. Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal
Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20(2):166-178.
Soemanto, Wasty. 1990. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Riana Cepi, Rudi Susilana. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: CV Wacana Prima
Winkel W.S. 2005. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abad