Metode Discovery Terbimbing Dalam Menemukan Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Ix D Smp Negeri 2 Pace

Penulis

  • Supini

Kata Kunci:

Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Motivasi Belajar, Metode Discovery

Abstrak

Dalam usaha  meningkatkan mutu pendidikan, guru berperan dalam pengembangan dan peningkatan mutu pembelajaran. Guru wajib berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman, aman, menarik dan menumbuhkan motivasi dan daya kreasi siswa dalam belajar dan menghasilkan hasil belajar yang diharapkan. Sebagai bentuk kreativitas dan daya inovasi maka peneliti memilih sebuah strategi maupun model pembelajaran yang lebih efektif  dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini memaparkan tentang metode Discovery Terbimbing dalam pembelajaran Matematika sebagai upaya meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa  melalui materi menemukan rumus luas permukaan bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pace dan sebagai objek penelitiannya adalah kelas IX D yang berjumlah 28 siswa yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus I terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus II hanya terdiri dari satu pertemuan

Setelah siklus II didapatkan hasil bahwa 1) motivasi siswa menjadi sangat baik dengan skor perhitungan 4,01. Ini artinya bahwa metode belajar yang disajikan membuat siswa belajar lebih nyaman, bersemangat, lebih bermotivasi untuk mencapai prestasi yang lebih baik lagi; 2) aktivitas siswa mencapai rata-rata 80,61 % dengan kategori sangat aktif,  seperti yang diharapkan , suasana belajar hidup, interkasi antara siswa dengan siswa dan interaksi siswa dengan guru sangat menyenangkan, siswa lebih banyak yang mampu menyelesaikan permasalahannya secara sistematis dan memiliki manfaat yang lebih banyak; 3) hasil belajar siswa meningkat lagi yakni rata-rata 82,50, Pembelajaran klasikal tuntas mencapai angka 89%, nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 70.

Hal ini tampak jelas bahwa metode Discovery terbimbing yang diterapkan dalam pembelajaran ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa yang secara kuantitatif ditunjukkan oleh hasil belajar siswa, khususnya pada materi luas permukaan bangun ruang kelas IX di SMP Negeri 2 Pace.

Berdasarkan kesimpulan di atas disarankan hal-hal sebagai berikut. 1) Bagi siswa hendaknya berusaha lebih giat belajar baik secara berkelompok, sendiri-sendiri maupun bertanya pada guru sehingga tidak mengalami kesulitan dalam mempelajari  Matematika; 2) Bagi Guru dalam melaksanakan pembelajaran  hendaknya lebih aktif dan kreatif dalam memilih metode serta media pembelajaran agar siswa siswa dapat termotivasi dalam belajar; dan  3) Bagi Sekolah hendaknya berusaha memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan semua guru dalam proses belajar mengajar jika pembelajaran ingin dicapai.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rajawali Press.

Depag RI. 2005. Kurikulum 2005. Standar Kompetensi Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam.

Depdiknas (Depdiknas, 2001) Buku ajar Pengelolaan pendidikan,

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2000. Psikologi Belajar dan Manager. Bandung : Sinar Baru Algessindo.

http://pbmmatmarsigit.blogspot.com/2008/12/problem-solving-matematika-hakekat-dan.html Sunday, Desember 7, 2008

Kardi Nur. 2003. Pengantar pada Pembelajaran & Pengelolaan Kelas. Surabaya:

Nasution, Dr. Wahyudin Nur. 2007. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dan Ekspositori terhadap Hasil Belajar Sains Ditinjau dari Cara Berpikir. Tersedia di: http://www.litagama.org/jurnal/Edisi5/StrategiPemb.htm [18 Februari 2007].

Nazir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.Pustaka Bani Quraisy.

Sadirman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:

Sukarjo, Muhammad. 2009. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya.

Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran& Pengajaran. Bandung:

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-05

Cara Mengutip

Supini. (2021). Metode Discovery Terbimbing Dalam Menemukan Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Ix D Smp Negeri 2 Pace. Dharma Pendidikan, 13(2), 109 - 120. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/83