Meningkatkan Pemahaman Operasi Aljabar Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri Termas Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Dengan Strategi Belajar Belajar Student-Created-Case-Studies Semester 2 Tahun Pelajaran 2015-2016
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v13i2.78Keywords:
Konsep Sains, Sekolah Dasar, Strategi Belajar Studi Kasus Kreasi Siswa (Student-created case studies)Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendiskripsikan penggunaan pendekatan Strategi Belajar Studi Kasus Kreasi Siswa (student-Created Case Studes) secara efektif dapat meningkatkan pemahaman konsep Aljabar kelas 8 MTs Negeri Termas Baron Nganjuk. Penelitian ini menggunakan rancangan Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas),yang dilakukan secara kolaboratif, dimana Teman sejawat sebagai kolaborator sedangkan peneliti sekaligus sebagai guru Matematika yang dikenai perlakukan penggunaan metode mengajar, sebagai obyek penelitian, sedangkan peneliti sebagai pengamat, obsever namun seluruh rancangan penelitian didesain oleh peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dikelas 8 MTS Negeri Termas Baron Nganjuk, Semester II Tahun pelajaran 2015/2016, dari tanggal 1 sampai dengan 30 maret 2016. Dengan jumlah siswa sebagai populasi dan sampel penelitian sebanyak 30 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) dengan menggunakan pendekatan Strategi Belajar Studi Kasus Kreasi Siswa (student-centered case studes) siswa lebih menguasai dan memahami tentang konsep operasi aljabar. (2) Dengan menggunakan pendekatan Strategi Belajar Studi Kasus Kreasi Siswa (student-centered case studes)siswa lebih bergairah dan termotivasi dalam pembelajaran konsep operasi aljabar
Downloads
References
Arikunto,Suharsiwi, 1989, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek,Jakarta,Bina Aksara
Degeng, I.N.S.1989.Ilmu Pengajaran:Taksonomi Variabel. Jakarta:P2LPTK
Depdiknas, 2003, kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains SD/MI, Jakarta
Gagne Robert M alin Bahasa Abdillah Hanafi , Abdul Manan, 1988, Prinsip-prinsip Belajar dalam pengajaran, Usaha Nasional, Surabaya
Nasution, 1988, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Bina Aksara.
_____, noehi. Budiastrsa, Ketut, 1988, Buku Materi Pokok Pendidikan IPA di SD, Depdikbud, Proyek PeningkatanMutu Guru Kelas setara D-II, Jakarta
Nurhadi, 2002,Pendekatan Kontektual (Consextual Teaching Learning (CTL)), Jakarta, Depdiknas
Panjaitan, Binsar, 1988, Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah dan Lokus Kendali Siswa Terhadap Hasil Belajar dalam Pemecahan Masalah,(hlm.40), Malang, Jurnal Tekhnologi Pembelajaran Teori dan Penelitian, Tahun 6 No.1 April 1998
Sumardi, Yosaphat, 1997, Buku Materi Pokok Konsep Dasar IPA I, Depdikbud, Proyek Peingkatan Mutu Guru Kelss setara D-II, Jakarta
Silberman ,Mel, 2002, Active Learning, 101 Strategi Pembelajarn Aktif, Diterbitkan YAPPENDIS, Dicetak Bumimedia, Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Komari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0