Meningkatkan Pemahaman Operasi Aljabar Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri Termas Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Dengan Strategi Belajar Belajar Student-Created-Case-Studies Semester 2 Tahun Pelajaran 2015-2016

Authors

  • Komari

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v13i2.78

Keywords:

Konsep Sains, Sekolah Dasar, Strategi Belajar Studi Kasus Kreasi Siswa (Student-created case studies)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendiskripsikan penggunaan pendekatan Strategi Belajar Studi Kasus Kreasi Siswa (student-Created Case Studes) secara efektif dapat meningkatkan pemahaman konsep Aljabar kelas 8 MTs Negeri Termas Baron Nganjuk. Penelitian ini menggunakan rancangan Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas),yang dilakukan secara kolaboratif, dimana Teman sejawat sebagai kolaborator sedangkan peneliti sekaligus sebagai guru Matematika yang dikenai perlakukan penggunaan metode mengajar, sebagai obyek penelitian, sedangkan peneliti sebagai pengamat, obsever namun seluruh rancangan penelitian didesain oleh peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dikelas 8 MTS Negeri Termas Baron Nganjuk, Semester II Tahun pelajaran 2015/2016, dari tanggal 1 sampai dengan 30 maret 2016. Dengan jumlah  siswa sebagai populasi dan sampel penelitian sebanyak 30 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) dengan menggunakan pendekatan Strategi Belajar Studi Kasus Kreasi Siswa (student-centered case studes) siswa lebih menguasai dan memahami tentang konsep operasi aljabar. (2) Dengan menggunakan pendekatan Strategi Belajar Studi Kasus Kreasi Siswa (student-centered case studes)siswa lebih bergairah dan termotivasi dalam pembelajaran konsep operasi aljabar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto,Suharsiwi, 1989, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek,Jakarta,Bina Aksara

Degeng, I.N.S.1989.Ilmu Pengajaran:Taksonomi Variabel. Jakarta:P2LPTK

Depdiknas, 2003, kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains SD/MI, Jakarta

Gagne Robert M alin Bahasa Abdillah Hanafi , Abdul Manan, 1988, Prinsip-prinsip Belajar dalam pengajaran, Usaha Nasional, Surabaya

Nasution, 1988, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Bina Aksara.

_____, noehi. Budiastrsa, Ketut, 1988, Buku Materi Pokok Pendidikan IPA di SD, Depdikbud, Proyek PeningkatanMutu Guru Kelas setara D-II, Jakarta

Nurhadi, 2002,Pendekatan Kontektual (Consextual Teaching Learning (CTL)), Jakarta, Depdiknas

Panjaitan, Binsar, 1988, Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah dan Lokus Kendali Siswa Terhadap Hasil Belajar dalam Pemecahan Masalah,(hlm.40), Malang, Jurnal Tekhnologi Pembelajaran Teori dan Penelitian, Tahun 6 No.1 April 1998

Sumardi, Yosaphat, 1997, Buku Materi Pokok Konsep Dasar IPA I, Depdikbud, Proyek Peingkatan Mutu Guru Kelss setara D-II, Jakarta

Silberman ,Mel, 2002, Active Learning, 101 Strategi Pembelajarn Aktif, Diterbitkan YAPPENDIS, Dicetak Bumimedia, Yogyakarta

Published

2021-10-05

How to Cite

Komari. (2021). Meningkatkan Pemahaman Operasi Aljabar Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri Termas Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Dengan Strategi Belajar Belajar Student-Created-Case-Studies Semester 2 Tahun Pelajaran 2015-2016. Dharma Pendidikan, 13(2), 69–84. https://doi.org/10.69866/dp.v13i2.78