EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTU GOOGLE CLASSROOM TERHADAPMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMK NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • sherly Meylinda

Kata Kunci:

model pembelajaran blended learning, motivasi belajar peserta didik

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas X menggunakan model
pembelajaran Blended Learning berbantu Google Classroom pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2
Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021, untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas X tidak
menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbantu Google Classroom pada mata pelajaran
IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021, untuk mengetahui model pembelajaran
BlendedLearning berbantu Google Classroom efektif meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas
X saat menerapkan dan tanpa menerapkan pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk tahun
pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimen dengan design posttest only
control group design. tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun
Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas X sebanyak 430 peserta didik, sedangkan sampel
yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X AKL-1 sejumlah 35 peserta didik dan kelas X AKL-2 dengan
teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan
observasi, tes tertulis (Post-test) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk
menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data jenis statistic parametik uji-t. Berdasarkan
hasil tes. Peserta didik kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata posttest 72,14 yang menunjukkan
katagori baik, sedangkan peserta didik kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata posttest 66,00 yang
menunjukkan katagori cukup baik. Berdasarkan hasil analisis yang sudah berdistribusi normal dan
homogeny diketahui nilai sig. (2-tailed) 0,005 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dalam
penelitian ini “model pembelajaran blended learning berbantu google classroom efektif meningkatkan
motivasi belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun
Pelajaran 2020/2021.”

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-09

Cara Mengutip

Meylinda, sherly. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTU GOOGLE CLASSROOM TERHADAPMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMK NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Journal of Natural Science and Applications, 3(1). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/485