EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTU GOOGLE CLASSROOM TERHADAPMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMK NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Keywords:
model pembelajaran blended learning, motivasi belajar peserta didikAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas X menggunakan model
pembelajaran Blended Learning berbantu Google Classroom pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2
Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021, untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas X tidak
menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbantu Google Classroom pada mata pelajaran
IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021, untuk mengetahui model pembelajaran
BlendedLearning berbantu Google Classroom efektif meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas
X saat menerapkan dan tanpa menerapkan pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk tahun
pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimen dengan design posttest only
control group design. tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun
Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas X sebanyak 430 peserta didik, sedangkan sampel
yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X AKL-1 sejumlah 35 peserta didik dan kelas X AKL-2 dengan
teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan
observasi, tes tertulis (Post-test) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk
menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data jenis statistic parametik uji-t. Berdasarkan
hasil tes. Peserta didik kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata posttest 72,14 yang menunjukkan
katagori baik, sedangkan peserta didik kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata posttest 66,00 yang
menunjukkan katagori cukup baik. Berdasarkan hasil analisis yang sudah berdistribusi normal dan
homogeny diketahui nilai sig. (2-tailed) 0,005 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dalam
penelitian ini “model pembelajaran blended learning berbantu google classroom efektif meningkatkan
motivasi belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun
Pelajaran 2020/2021.”
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 sherly Meylinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0