PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA WHATSAPP TERHADAP SIKAP DISIPLIN ANAK DALAM MATA PELAJARAN PPKN KELAS 4 MI DARUL AMAN DUSUN KEDUNGKAJAR DESA NGUMPUL KECAMATAN BAGOR KABUPATEN NGANJUK

Penulis

  • siti umaidah STKIP PGRI Nganjuk
  • Umi Hidayati
  • hendro warsito

Kata Kunci:

Pengaruh pembelajaran daring, perubahan moral sikap disiplin

Abstrak

ABSTRAK

 

Siti umaidah. 201710100281. Penganruh Pembelajaran Daring Melalui Media Whatsapp Terhadap Sikap Disiplin Anak Dalam Mata Pelajaran PPKN Kelas IV MI Darul Aman Dusun Kedungkajar Desa Ngumpul Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk

 

Skripsi : Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, STKIP PGRI NGANJUK, Juli 2021

 

Tujuan penelitian ini dalah 1). Untuk mengetahui pelasanaan pembelajaran daring melalui media whatsapp terhadap sikap disiplin anak dalam mengerjakan tugas mata pelajaran PPKN kelas 4 MI Darul Aaman dusun kedungkajar desa ngumpul kecamatan bagor kabupaten nganjuk. 2). Untuk mengetahui sikap disiplin siswa dalam mengerjakan tugas mata pelajaran ppkn selama pembelajaran daring melalui media whatsapp. 3). Untuk mengetahui mengenai pengaruh pembelajaran daring melalui media whatsapp terhadap sikap disiplin anak dalam mengerjakan tugas mata pelajaran ppkn kelas 4 MI Darul Aman dusun kedungkajar desa ngumpul kecamatan bagor kabupaten nganjuk.

                                                

 Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang digunakan dalm penelitian ini adalah komparasi bivarian dengan pendekatan kuantitati. Tepat yeng digunaka oleh peneliti ini adalah MI Darul Aman Dusun Kedungkajar Desa Ngumpul Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Populasi penelitian ini yaitu kelas IV yang berjumlah 24 siswa, sedangkan sampel yang digunakan peneliti yaitu siswa MI Darul Aman sebanyak 163 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan dokumentas. Ternik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan analisis data statistika uji t.

 Dari Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai tugas pembelajaran luring atau tatap muka = 83,5 dan rata-rata nilai tugas pemebelajaran daring = 68,62. Pengujian hipotensis dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan dk = 46 dan a = 5% menunjukkan harga thitung =11,80952 dan harga ttabel = 1,67866. Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berati bahwa ada perbedaan atau pengaruh yang signifikan dari pembelajaran daring melalui media whatsapp yang mempengaruhi sikap disiplin.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-25

Cara Mengutip

umaidah, siti, Hidayati, U., & warsito, hendro. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA WHATSAPP TERHADAP SIKAP DISIPLIN ANAK DALAM MATA PELAJARAN PPKN KELAS 4 MI DARUL AMAN DUSUN KEDUNGKAJAR DESA NGUMPUL KECAMATAN BAGOR KABUPATEN NGANJUK. Journal of Natural Science and Applications, 2(2). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/470