PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA WHATSAPP TERHADAP SIKAP DISIPLIN ANAK DALAM MATA PELAJARAN PPKN KELAS 4 MI DARUL AMAN DUSUN KEDUNGKAJAR DESA NGUMPUL KECAMATAN BAGOR KABUPATEN NGANJUK
Keywords:
Pengaruh pembelajaran daring, perubahan moral sikap disiplinAbstract
ABSTRAK
Siti umaidah. 201710100281. “Penganruh Pembelajaran Daring Melalui Media Whatsapp Terhadap Sikap Disiplin Anak Dalam Mata Pelajaran PPKN Kelas IV MI Darul Aman Dusun Kedungkajar Desa Ngumpul Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk”
Skripsi : Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, STKIP PGRI NGANJUK, Juli 2021
Tujuan penelitian ini dalah 1). Untuk mengetahui pelasanaan pembelajaran daring melalui media whatsapp terhadap sikap disiplin anak dalam mengerjakan tugas mata pelajaran PPKN kelas 4 MI Darul Aaman dusun kedungkajar desa ngumpul kecamatan bagor kabupaten nganjuk. 2). Untuk mengetahui sikap disiplin siswa dalam mengerjakan tugas mata pelajaran ppkn selama pembelajaran daring melalui media whatsapp. 3). Untuk mengetahui mengenai pengaruh pembelajaran daring melalui media whatsapp terhadap sikap disiplin anak dalam mengerjakan tugas mata pelajaran ppkn kelas 4 MI Darul Aman dusun kedungkajar desa ngumpul kecamatan bagor kabupaten nganjuk.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang digunakan dalm penelitian ini adalah komparasi bivarian dengan pendekatan kuantitati. Tepat yeng digunaka oleh peneliti ini adalah MI Darul Aman Dusun Kedungkajar Desa Ngumpul Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Populasi penelitian ini yaitu kelas IV yang berjumlah 24 siswa, sedangkan sampel yang digunakan peneliti yaitu siswa MI Darul Aman sebanyak 163 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan dokumentas. Ternik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan analisis data statistika uji t.
Dari Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai tugas pembelajaran luring atau tatap muka = 83,5 dan rata-rata nilai tugas pemebelajaran daring = 68,62. Pengujian hipotensis dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan dk = 46 dan a = 5% menunjukkan harga thitung =11,80952 dan harga ttabel = 1,67866. Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berati bahwa ada perbedaan atau pengaruh yang signifikan dari pembelajaran daring melalui media whatsapp yang mempengaruhi sikap disiplin.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 siti umaidah, Umi Hidayati, hendro warsito
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0