Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Berbantu Modul Pembelajaran Terhadap Critical Thinking Skill Mahasiswa
Kata Kunci:
Critical Thinking Skill, Means-Ends Analysis, Modul PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)critical thinking skill mahasiswa menggunakan metode konvensional, (2) hasil belajar IPA mahasiswa menggunakan model Means-Ends Analysis (MEA), (3) mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaranMeans-Ends Analysis (MEA) terhadap critical thinking skill mahasiswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain True Experimental Design Random.Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan IPA Semester 1. Pemilihan sampel dilakukan dengan random samplingyaitu dengan cara sampling klaster. Sampelnya adalah semester 1 Pend. IPA sebagai kelas eksperimen sebanyak 13mahasiswa dan semester 3 Pend. Matematika sebagai kelas kontrol sebanyak 20mahasiswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Means-Ends Analysisberbantu modul pembelajaran.Sedangkan variabel terikatnya adalah critical thinking skill mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t model polled varians dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu.
Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,640 dan ttabel = 2,000. Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Means-Ends Analysis berbantu modul pembelajaran efektif terhadap critical thinking skill mahasiswa.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2001. Penyusun Butir Soal dan Instrumen Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Huda, Miftahul. 2014. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
https:/id.m.wikipedia.org/wiki/metode
http://ian-manoppo.blogspot.com/2012/03/cara-cepat-mencari-nilai-kritis-t-tabel.html(diunduh 12/4/2016)
http://dewinurel30.blogspot.co.id/2013/03/model-pembelajaran-mea.html (diunduh 8/4/2016)
http://lirikansibuta.blogspot.com/2010/04/pengertian-hipotesis.html(diunduh 8/4/2016)
http://pengertian.blogspot.com/2012/06/median-md-pengertian-contoh rumus.html#ixzz45aue1wmr (diunduh 12/4/2016)
http://www.math.unb.ca/~knight/utility/t-table.html
http://rianamuslikhah.blogspot.co.id/2015/02/gaya-belajar.html
Lidinillah, Abdul Muiz. - . Heuristik dalam Pemecahan Masalah Matematika dan Pembelajarannya di Sekolah Dasar. [ONLINE]. Tersedia: www. Docstoc. com/ docs/ 25616440/ Heuristik-Pemecahan-Masalah-dan-Pembelajarannya-di-SD. (diunduh 8/4/2016)
MGMP Matematika Kabupaten Nganjuk. 2014. Buku Kerja Siswa Matematika untuk SMP Kelas VIII Semester Genap. Nganjuk : MGMP Kabupaten Nganjuk.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar
Slameto. 2010. Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruh. Jakarta : Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja.
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.