Hubungan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Dengan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data Siswa Kelas VII MTs AL-Huda Kepuhbener Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021 / 2022
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v17i2.197Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Inquiri Terbimbing, , Media Audio-visualAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran Inquiri terbimbing, 2) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan media Audio-visual, 3) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran Inquiri terbimbing dengan media Audio-visual, 4) Untuk Mengetahui ada Hubungan yang signifikan model pembelajaran inquiri terimbing dengan Media Audio-visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi Penyajian data Kelas VII MTS Al-Huda Kepuhbener Nganjuk. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis pendekatan eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas MTS Al-Huda Kepuhbener Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-A MTS Al-Huda Kepuhbener Nganjuk. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini dalah analisis data korelasi ganda. Berdasarkan hasil nilai tes, Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Inquiri Terbimbing menunjukkan rata-rata 86,08, hasil belajar dengan media Audio-Visual menunjukkan rata-rata 76,60, hasil belajar menggunakan model pembelajaran Inquiri terbimbing dengan media Audio-visual menunjukkan rata-rata 87,86 dan Hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai Fhitung = 21,93 dan Ftabel = 3,49 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian Fhitung> Ftabel yang berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima artinya dapat dikatakan bahwa Ada hubungan yang signifikan model pembelajaran Inquiri Terbimbing dengan media Audio-Visual terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data siswa kelas VII MTS Al-Huda Kepuhbener Nganjuk Tahun pelajaran 2021/2022.
Downloads
References
Anam, Khoirul. 2016. Pengembangan Berbasis Inquiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta;pustaka belajar.
Andrini, V. S. 2016. Effectiveness Of Inquiry Learning Method To Enchance Students Learning Outcome: A Theoretical And Empirical Review. Journal of Education and Practice, 7(3), 38-4.
Catlin Tucker. 2013. Teachers’ Guide to Using Videos. Diakses 18 maret 2022, dari http://ww2.kqed.org.
Daryanto, 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa Studio.
Firdaus. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Bervisi Sets Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Science and Education.
Masrurotullaily, Hobri, dan Suharto. 2013. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika keuangan berdasarkan model polya siswa smk negeri 6 jember. Jurnal Kadikma, Vol. 4, No. 2, h.129-138.
Mufidah, L. 2014. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Program Moodle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 2 (1), h.19.
Patmaningrum, Agustin. 2017. Upaya Memanfaatkan Alat Peraga Agar Pembelajaran Matematika Menyenangkan. Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk.
Prasetia, Fargil. 2016. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika.Jurnal Kajian Pendidikan Matematika..
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharto. 2018. Efektifitas Pembelajaran E-Marketing Terhadap Skill Enterpreneurhip Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan social, 8(2):207-2014 DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v8i2.2950
Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Trianto, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, dan Konstektual. Jakarta: Kencana.
Wahyudin, dkk. 2017. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 2010. h. 59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Saniyatul Inayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0