Hubungan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Dengan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data Siswa Kelas VII MTs AL-Huda Kepuhbener Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021 / 2022

Authors

  • Saniyatul Inayah

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v17i2.197

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Inquiri Terbimbing, , Media Audio-visual

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran Inquiri terbimbing, 2) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan media Audio-visual, 3) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran Inquiri terbimbing dengan media Audio-visual, 4) Untuk Mengetahui ada Hubungan yang signifikan model pembelajaran inquiri terimbing dengan Media Audio-visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi Penyajian data Kelas VII MTS Al-Huda Kepuhbener Nganjuk. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis pendekatan eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas MTS Al-Huda Kepuhbener Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-A MTS Al-Huda Kepuhbener Nganjuk. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini dalah analisis data korelasi ganda. Berdasarkan hasil nilai tes, Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Inquiri Terbimbing menunjukkan rata-rata 86,08, hasil belajar dengan media Audio-Visual menunjukkan rata-rata 76,60, hasil belajar menggunakan model pembelajaran Inquiri terbimbing dengan media Audio-visual  menunjukkan rata-rata 87,86 dan Hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai Fhitung = 21,93 dan Ftabel = 3,49 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian Fhitung> Ftabel yang berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima artinya dapat dikatakan bahwa Ada hubungan yang signifikan model pembelajaran Inquiri Terbimbing dengan media Audio-Visual terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data siswa kelas VII MTS Al-Huda Kepuhbener Nganjuk Tahun pelajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, Khoirul. 2016. Pengembangan Berbasis Inquiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta;pustaka belajar.

Andrini, V. S. 2016. Effectiveness Of Inquiry Learning Method To Enchance Students Learning Outcome: A Theoretical And Empirical Review. Journal of Education and Practice, 7(3), 38-4.

Catlin Tucker. 2013. Teachers’ Guide to Using Videos. Diakses 18 maret 2022, dari http://ww2.kqed.org.

Daryanto, 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa Studio.

Firdaus. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Bervisi Sets Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Science and Education.

Masrurotullaily, Hobri, dan Suharto. 2013. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika keuangan berdasarkan model polya siswa smk negeri 6 jember. Jurnal Kadikma, Vol. 4, No. 2, h.129-138.

Mufidah, L. 2014. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Program Moodle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 2 (1), h.19.

Patmaningrum, Agustin. 2017. Upaya Memanfaatkan Alat Peraga Agar Pembelajaran Matematika Menyenangkan. Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk.

Prasetia, Fargil. 2016. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika.Jurnal Kajian Pendidikan Matematika..

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto. 2018. Efektifitas Pembelajaran E-Marketing Terhadap Skill Enterpreneurhip Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan social, 8(2):207-2014

Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Trianto, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, dan Konstektual. Jakarta: Kencana.

Wahyudin, dkk. 2017. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 2010. h. 59.

Published

2023-03-07

How to Cite

Inayah, S. . (2023). Hubungan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Dengan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data Siswa Kelas VII MTs AL-Huda Kepuhbener Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021 / 2022. Dharma Pendidikan, 17(2), 130–137. https://doi.org/10.69866/dp.v17i2.197