Upaya Meningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas XII APHP-1 SMK Negeri 1 Gondang
Kata Kunci:
Kewirausahaan, Pembelajaran Kontekstual, Prestasi BelajarAbstrak
Di dalam proses belajar-mengajar guru harus memiliki strategi agar siswa dapat belajar secara efektif-efisien dan mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu ialah harus menguasai teknik-teknik penyajian, atau yang biasa disebut metode pengajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 3 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII TPHP-1 SMK Negeri 1 Gondang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa pembelajaran dengan metode pembinaan kreativitas memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar kewirausahaan yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu masing-masing 45,16%, 67,74%, dan 90,32%.. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan metode pembinaan kreativitas mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Referensi
Hasibuan. J.J dan moerdjiono. 1998. Proses Belajar mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya
Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press
Nurhadi, dkk.2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/CTL) dan Penerapan Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press)
Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendikia.